Mengalami Perubahan Hidup

pdm Fandy Latif

(Keluaran 3:1-2) Musa hidup selama 120 tahun. Masa kehidupannya terbagi genap kedalam tiga fase kehidupan, diantaranya: (1) 40 tahun pertama, Musa tinggal di Kerajaan Mesir, didalam istana sebagai panglima dan ia hidup dalam segala kemewahannya; (2) 40 tahun kedua, Musa hidup di padang gurun sebagai gembala. Padang gurun berbicara mengenai kekeringan, penderitaan, dan kesulitan; (3) 40 tahun ketiga, Musa menjadi pemimpin, ia dipakai Tuhan untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir. Tuhan tidak memandang apakah kita pernah hidup dalam kemewahan atau mengalami kekeringan padang gurun dimasa lampau, namun Tuhan memandang bagaimana akhir hidup kita, mau tidaknya hidup kita dipakai Tuhan secara luar biasa. Mengapa Musa dapat mengalami perubahan hidup?

  1. (Keluaran 3:1-3) Malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Musa (perjumpaan dengan Tuhan). Ketika Tuhan menjumpai setiap kita pribadi demi pribadi, maka perubahan dan terobosan akan terjadi didalam kehidupan kita.
  2. Tuhan menampakkan diri kepada Musa dalam bentuk api. Tuhan dapat menampakkan diri kepada kita dengan berbagai cara. Api artinya panas; dalam bahasa Ibrani, Zeo, artinya panas, mendidih, gairah atau semangat. Artinya melalui api, Tuhan hendak memberikan gairah atau semangat kepada kita untuk hidup penuh pengharapan dan bersemangat menghadapi segala persoalan kehidupan.
  3. (Kisah Para Rasul 2:1-3) Api berbicara juga mengenai kuasa Roh Kudus. Kita adalah orang biasa, tapi ketika Roh Kudus ada didalam diri kita, maka hidup kita akan menjadi luar biasa. Jika kita tinggal didalam Tuhan, dan Tuhan tinggal didalam kita, maka kuasa Roh Kudus selalu ada dalam diri kita untuk menuntun dan memampukan kita melakukan segala hal sesuai dengan kehendak Tuhan.

music video: Jana Alayra “Totally Transformed”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s