Menang Atas Masalah

pdp Handrie Wirawan

Ada dua jenis masalah, yaitu: (1) masalah yang kita buat karena kebodohan dan kesalahan sendiri, ada ambisi pribadi yang menyebabkan munculnya masalah; (2) masalah yang munculnya bukan karena kesalahan kita, namun kita terkena imbasnya (dinamakan sebagai cobaan, ujian, yang bertujuan supaya iman kita menjadi bertumbuh dewasa). Kita diciptakan Tuhan menjadi umat pemenang, bahkan lebih dari pemenang (Roma 8:28). Musuh kita adalah iblis. Masalah dibuat oleh iblis supaya kita jatuh dan masuk kedalam neraka. Tidak ada kemuliaan tanpa salib; tidak ada kemenangan tanpa perjuangan. Ada tiga hal yang harus kita perhatikan untuk menang atas masalah, diantaranya:

  1. Ketika masalah datang, hadapilah bersama dengan Tuhan. Berserahlah pada Tuhan. Jangan coba-coba mencari ‘orang pintar’. Tuhan berjanji akan selalu beserta kita (Ibrani 13:5b; 1 Korintus 10:13), sehingga setiap masalah datang kedalam kehidupan kita, Tuhan sudah memagari kita. Janganlah malu ketika kita sedang menghadapi masalah, karena selama kita hidup didunia ini, setiap kita mempunyai salibnya masing-masing.
  2. Ketika masalah datang, kita harus hidup dalam perkenanan Tuhan (Mazmur 37:23-24). Hidup dalam perkenanan Tuhan membuat kita menjadi orang yang beruntung. Abraham, Musa, dan Daud adalah contoh tokoh-tokoh Alkitab yang hidupnya berkenan dimata Tuhan. Daud membangun keintiman dengan Tuhan, ia memuji, menyembah, bersekutu, serta menantikan hikmat dan suara Tuhan. Bacalah Firman Tuhan setiap hari, karena Firman Tuhan merupakan tuntunan Tuhan dan sumber keintiman kita dengan Tuhan.
  3. Ketika masalah datang, tinggalkan kehidupan lama, jauhkan dosa. Jika ada doa-doa kita yang belum dijawab Tuhan, maka koreksi diri kita, jangan-jangan masih terdapat dosa yang belum kita selesaikan dengan Tuhan (2 Tawarikh 7:14; Yesaya 59:1-2), harus ada dosa yang diakui dihadapan Tuhan. Kita harus hidup takut dan gentar akan Tuhan. Kita harus melepaskan pengampunan pada orang yang bersalah pada kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s