Rilex

pdm Stevannus Yordan

Tahun 2015 adalah Tahun Pelipatgandaan Mujizat. Tahun 2015 juga disebut sebagai tahun double sabbath, tahun rest. Kata ‘rileks’ berarti kita mundur satu dua langkah kebelakang dari ‘tembok masalah’ kita, supaya kita memperoleh sudut pandang yang lebih luas dan kita dapat melihat bahwa segala hal yang diizinkan terjadi dalam hidup ini masih berada dalam kendalinya Tuhan. Jika orang hidupnya terlalu dekat dengan ‘tembok masalah’, maka ia tidak dapat melihat pemberian Tuhan lainnya yang begitu besar dan ia tidak bisa mengucap syukur. “Jadi, janganlah kamu mempersoalkan apa yang akan kamu makan atau apa yang akan kamu minum dan janganlah cemas hatimu.” (Lukas 12:29) Besar kecilnya masalah itu tergantung pada respon kita ketika menghadapinya, apakah kita akan langsung menghadapi masalah-masalah mendahului waktunya Tuhan atau kita memilih untuk rileks. “Steep yourself in God-reality, God-initiative, God-provisions. You’ll find all your everyday human concerns will be met.” (Luke 12:31 – The Message Bible) kata ‘steep yourself’ berarti kita harus merendam diri kita sepenuhnya – bukan sebagian – dalam tiga hal, diantaranya:

  1. God-reality. Kita harus merendam diri kita sepenuhnya dalam kenyataan Allah, kebenaran Allah, semua hal yang dicatat dalam Firman Allah. Realitas Allah seringkali bertolak belakang dengan kenyataan manusia.
  2. God-initiative. Kita harus merendam diri kita sepenuhnya dalam inisiatifnya Allah. Kata ‘inisiatif’ berarti suatu tindakan yang dilakukan tanpa paksaan. Ketika Tuhan mengubah miskin menjadi kaya, kutuk menjadi berkat, orang sakit menjadi sembuh, itulah bentuk-bentuk inisiatifnya Allah. Inisiatif Allah dilakukan dengan belas kasihan. “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.” (Yakobus 4:17)
  3. God-provision. Kita harus merendam diri kita sepenuhnya dalam ketetapan dan penyediaan Allah. Ada dua jenis ketetapan, yaitu ketetapan umum (segala hal yang Firman Tuhan tuliskan untuk kita lakukan); dan ketetapan khusus (suatu ketetapan yang Tuhan berikan secara spesifik kepada setiap orang). Simson diberi Tuhan ketetapan khusus, jika rambutnya dicukur, maka hilanglah kekuatannya. Kasih karunia Tuhan tidak pernah berakhir dalam hidup kita. Ketika kita memilih untuk terus hidup didalam dosa, maka kita telah memilih untuk keluar dari kasih karunia-Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s