When God is Silent, When God Said No, When God is Late

ps Andy Tjokro

Tahun 2015 adalah Tahun Pelipatgandaan Mujizat. Dibalik goncangan-goncangan yang terjadi, kasih anugerah akan dilipatgandakan. Ketika kita mengalami proses, seringkali kita merasa ada sesuatu yang salah dengan diri kita; kita mulai berpikir mungkin kita kurang berdoa dan beriman, kurang menyembah, kurang banyak memberi persembahan; tidak salah jika kita memeriksa diri kita saat persoalan datang dalam hidup kita, apakah karena kita belum menjadi orang benar atau karena kita mengikuti Firman? Mari ubah doa kita, bukan lagi meminta Tuhan untuk mengangkat proses dalam hidup kita, tapi berdoalah supaya Tuhan memperkuat lutut kita untuk berdoa. Proses itu baik untuk hidup kita.

When God is silent. Yohanes Pembaptis adalah seorang hamba Tuhan yang luar biasa. Kita disebut sebagai Yohanes Pembaptis yang kedua. Tugas Yohanes Pembaptis adalah mempersiapkan jalan bagi Tuhan, menjadi suara dalam padang gurun (kekeringan). Yohanes Pembaptis memiliki iman dan motivasi yang luar biasa dalam pelayanannya. (Matius 11:3-6,11) Tuhan mengizinkan satu masa dimana Yohanes Pembaptis berada didalam penjara karena ia membela Firman. Tuhan sedang mau meng-upgrade diri kita bukan sekedar menjadi penggemar, tapi menjadi pengikut Tuhan yang dashyat. Kita sudah terlalu lama dipenjara, fokus pada belenggu dan tembok yang tebal; namun Tuhan mau kita keluar dari sana dan lihat keluar bahwa Tuhan masih melakukan mujizat, Dia sanggup melakukan segala perkara. Dalam hadirat Tuhan, ketika kita menyembah, bukan berarti kita sedang lari dari masalah, tapi dalam hadirat Tuhan, kita diperkuat, kita menolak diintimidasi. (Daniel 11:32) apa yang harus kita lakukan ketika Tuhan diam?

  1. Look back and remember. Lihat kebelakang dan hitung hari-hari kita supaya kita beroleh hati yang bijaksana. Jika Tuhan bisa memerdekakan kita dimasa lalu, Dia sangat sanggup memerdekakan kita dimasa depan, karena Dia yang menulis hidup kita dan ujung cerita kita.
  2. Look outside your jail and give thanks. Keluarlah dari penjara kita, bersyukurlah, perhatikan apa yang kita dengar dan lihat, ketahuilah bahwa Tuhanlah yang memegang kendali.

When God said ‘no’. Kita selalu siap untuk perkataan ‘ya’, tapi kita seringkali tidak dapat menerima ketika Tuhan berkata ‘tidak’. (2 Korintus 12:7-10) jangan pernah meremehkan kata ‘duri dalam daging’, bahkan bagi Paulus yang beriman sekalipun, duri dalam daging merupakan sesuatu yang serius baginya. Jangan keliru memahami tentang kasih karunia. Ketika kita dapat menerima meskipun hanya sedikit saja dari segala sesuatu yang sebelumnya divonis tidak mungkin terjadi sama sekali, itulah kasih karunia. Kata ‘sempurna’ berarti mature, matang, siap (Roma 12:2). Jika kita mau menerima kehendak Tuhan yang sempurna, kita harus siap mendengar Tuhan berkata ‘tidak’. Jangan berpuas diri menerima sesuatu yang baik dan berkenan, tapi miliki kerinduan untuk menerima kehendak Tuhan yang sempurna. Jangan bermegah atas kekuatan kita, bahkan Paulus berkata, dalam persoalan, penyakit, dan masalah hidup kita, Tuhan masih dapat dipermuliakan. Pastikan bahwa kita mengalami proses didalam Tuhan, bukan karena kesalahan atau dosa kita sendiri. Apa yang harus kita lakukan ketika Tuhan berkata ‘tidak’?

  1. Tetap berdoa.
  2. Izinkan Tuhan berkata ‘tidak’.
  3. Tuhan bisa memakai kelemahan dan proses kita untuk memperlihatkan kuasa-Nya.
  4. Kita tidak akan bisa melihat kasih karunia jika kita terus melawan kehendak Tuhan.
  5. Kasih karunia akan bekerja ketika kita berkata ‘not my will, but Your will be done’.

When God is late. Marta dan Maria mengeluh bahwa Tuhan terlambat ketika saudaranya, Lazarus, meninggal dunia. Meskipun Maria mengeluh, tapi ia tersungkur, mencium kaki Yesus, sehingga masygullah hati Tuhan dan Dia memerintahkan Lazarus bangkit dari kematiannya dan gemparlah seluruh kota itu. Tuhan mungkin seolah terlambat bagi hidup kita hari-hari ini, tapi ketahuilah bahwa Tuhan sedang mempersiapkan sesuatu yang dashyat bagi kita dimasa depan. Janganlah anti proses, karena proses itu baik bagi kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s