Sikap Hidup Ditengah Goncangan

ps Adiputra Hasani

Selama kita masih hidup dalam dunia ini, kita pasti mengalami goncangan. Permasalahannya bukan ketika kita harus mengalami goncangan, tapi permasalahannya, dengan siapa kita menghadapi goncangan tersebut. Ada beberapa sikap hidup yang harus kita miliki ditengah goncangan, diantaranya:

  1. Tetap semangat. “Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?” (Amsal 18:14). Terjemahan lainnya mengatakan, karena kemauan untuk hidup, orang dapat menanggung penderitaannya; hilang kemauan itu, maka hilang juga segala harapan. Kata ‘bersemangat’ juga berarti kemauan untuk berharap, bergairah, beriman, dan terus berjalan bersama Tuhan untuk mengalami kemenangan demi kemenangan bersama-Nya. Tetaplah semangat memiliki pengharapan didalam Tuhan, sehingga kita memiliki kekuatan dalam pengharapan itu. Bersama Tuhan, kita mampu memenangkan segala perkara dalam hidup ini. Jangan bersungut-sungut (1 Korintus 10:10; Bilangan 14:2, 11). Orang yang tetap bersemangat adalah orang yang tidak pernah bersungut-sungut, karena orang yang bersemangat adalah mereka yang berani menghadapi kenyataan hidup ini, bukan karena kuat dan gagah kita menghadapinya, dan ia tidak sendiri menghadapinya, sebab Tuhan yang memberikan jalan keluar senantiasa beserta kita. Berani bertindak (Markus 5:25-29). ‘Semangat’ berarti berani bertindak dengan iman. Keberanian dalam mengambil tindakan iman membuat kita mengalami pelipatgandaan mujizat. Ketika kita mempunyai iman dan bertindak dengan iman, maka Tuhan akan bertindak melakukan mujizat-Nya bagi kita, karena dengan adanya goncangan-goncangan, kita akan melihat pelipatgandaan mujizat.
  2. Tidak boleh menyerah (1 Korintus 15:57-58). Dalam 1 Korintus 10:13, kita tidak boleh menyerah dalam menghadapi goncangan dan pencobaaan hidup, sebab pencobaan yang kita alami adalah pencobaan yang biasa, pencobaan itu tidak melebihi kekuatan manusia, Allah setia menyertai dan menopang kita, Dia tidak membiarkan kita, Dia memberikan jalan keluar bagi kita, sebab Dia adalah Tuhan yang bertanggung Jawab. Dalam Mazmur 121:3, Tuhan memberikan kemenangan bagi kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s