Tiga Berkat Dibalik Kenaikan Tuhan

ps.Daniel Arief Sugianto

“Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.” (Yohanes 16:7) Kenaikan Tuhan ke Surga bukanlah sebuah kerugian bagi kita. Ada berkat-berkat yang Tuhan berikan bagi kita ketika Dia terangkat ke Surga, diantaranya:

  1. membuktikan, memberi kepastian atau keyakinan bagi kita, bahwa misi Tuhan dibumi sudah selesai, sudah rampung, sudah sempurna (misi penyelamatan, pembenaran, penebusan). Jaminan keselamatan bukan ‘mudah-mudahan’ atau ‘semoga’ lagi, tapi merupakan sebuah kepastian bagi kita, karena Tuhan telah menyelesaikan seluruhnya diatas kayu salib. Pembenaran berbicara tentang apa yang Yesus telah kerjakan bagi kita, bukan berdasarkan pada apa yang kita lakukan. Yang dijanjikan (promise) Tuhan, telah diubah menjadi yang disediakan (provision) bagi kita, melalui apa yang Tuhan telah selesaikan dibumi ini. Jangan gantungkan sukacita kita pada apa yang bisa kita lakukan, tapi gantungkan sukacita itu pada apa yang Tuhan sudah lakukan bagi kita. Hiduplah berdasarkan karya yang Tuhan telah selesaikan bagi kita (Yohanes 17:4-5). Yesus dapat terangkat ke Surga karena Dia telah menyelesaikan pekerjaan-Nya dimuka bumi; keselamatan, kebenaran, dan kekudusan telah digenapi-Nya diatas kayu salib. Kerja keras kita adalah meyakinkan diri kita untuk menyingkirkan keragu-raguan atas apa yang Tuhan telah selesaikan bagi kita. Tak seorangpun yang melakukan sesuatu bagi Tuhan yang mampu melayakkannya untuk mendapat sesuatu dari Tuhan, karena segala yang kita dapat dari Tuhan adalah kasih karunia. Don’t do something to get something, just trust Jesus and keep your faith in Him. Raihlah segala yang Tuhan telah sediakan bagi kita dengan iman, bukan dengan moral dan perbuatan yang kita lakukan. Iman kita kepada Tuhan merupakan bentuk reservasi kita di Surga (Efesus 2:6). Tuhan gantikan kutuk menjadi berkat diatas kayu salib (Yohanes 14:1-2).
  2. kita memiliki pembela di Surga (1 Yohanes 2:1). Yesus mendoakan kita setiap hari di Surga, Dia adalah perantara (advocate/pembela/lawyer/intercessor) yang membela kita untuk keuntungan kita di Surga. Julukan iblis pertama kali disebut dengan istilah satan, diabolos, yang berarti pemutarbalik fakta atau pendakwa. Tuduhan iblis dimentahkan oleh pembelaan Tuhan di Surga. Dia pembela yang tak terkalahkan siapapun juga (Kolose 2:14-15). Dihadapan hukum Taurat, banyak hutang yang kita belum dapat bayar, tapi melalui kasih karunia Tuhan, segala hutang kita sudah dibayar-Nya lunas. Miliki hati tanpa keluatiran dan tanpa kecemasan, karena segala yang kita butuhkan di Surga sudah dipertahankan Tuhan disana. Iblis menuduh kita berdasarkan kondisi dosa, tapi Tuhan menempatkan perhatian pada kita berdasarkan posisi kita yang telah dibenarkan-Nya. (Roma 8:1) Setialah didalam Kristus Yesus.
  3. kita memiliki penolong dibumi melalui peran Roh Kudus. Sang penolong membantu kita menyelesaikan pekerjaan kita dibumi, yaitu pekerjaan kita bagi dunia, bagi banyak orang yang belum percaya dan mengenal Tuhan. Yang kita kerjakan dimuka bumi dengan bantuan Roh Kudus bukanlah untuk mendapatkan berkat dan keselamatan (karena itu telah Tuhan berikan bagi kita), tapi untuk memberkati orang yang belum mengenal Tuhan dan membawa mereka pada keselamatan. Orang yang mengenal kasih karunia akan berjuang membalas kebaikan Tuhan, untuk membagikan berkat bagi orang lain, dan orang lain yang belum percaya Tuhan dapat diselamatkan. Orang yang sadar akan kebaikan Tuhan, tidak akan melakukan sesuatu yang mengecewakan Dia. Roh Kudus dicurahkan supaya kita bekerja keras dan rajin melakukan sesuatu bagi orang lain untuk kemuliaan nama Tuhan, bukan untuk dirinya sendiri (Matius 5:16).

Ada tiga dimensi kasih karunia, dimana kita diterima tanpa syarat; kita dimampukan untuk bertumbuh dewasa melayani Dia; dan hidup kita semakin dibenarkan. Hukum Taurat mendiskualifikasi semua orang, tapi kasih karunia membuat kita terbebaskan dari segala hal yang buruk sekalipun. We are qualified by God’s grace.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s