Saul Disingkirkan Tuhan

ps.Wiweko Mulyono 

“Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.” (Kisah Para Rasul 13:22)

Saul dan Daud beserta dengan prajuritnya tinggal dinegeri yang sama dalam pelayanan yang sama, namun yang membedakannya adalah Saul disingkirkan Tuhan, sedangkan Daud diangkat Tuhan. Jika kita disingkirkan seseorang, maka ada orang lain yang bisa menerima kita, Jika kita disingkirkan dari satu gereja, maka ada gereja lain yang siap menerima kita. Jika kita disingkirkan dari satu pemerintahan, maka ada pemerintahan lain yang bisa menerima kita. Namun, bagaimana jika kita disingkirkan oleh Tuhan? Jika Tuhan mengangkat seseorang, pasti ada alasannya. Mengapa Saul disingkirkan Tuhan?

  1. Saul tidak taat pada Firman Tuhan (1 Samuel 15:22-23). Firman Tuhan harus menjadi otoritas tertinggi dalam hidup kita. Segala yang Firman Tuhan katakan boleh, maka boleh kita lakukan, demikian pula sebaliknya, segala yang Firman Tuhan katakan tidak boleh, maka jangan kita lakukan.
  2. Saul menyimpan kebencian pada Daud (1 Samuel 18:6-9). Saul merasa bahwa Daud dipandang lebih hebat daripada dirinya. Seharusnya, Saul bersukacita melihat Daud menjadi orang yang berhasil melebihi dirinya, karena artinya Saul berhasil mendidik Daud dengan baik. Kita juga harus bersukacita jika ada orang lain yang lebih dipakai dibandingkan dengan kita. Jangan menyimpan kebencian dan kepahitan. Penyakit paling berbahaya dihadapan Tuhan adalah penyakit rohani, yaitu ketika seseorang menyimpan kebencian dalam hatinya.
  3. Saul tidak mencari Tuhan (1 Samuel 28:7). Apapun yang kita hadapi saat ini, jangan pernah mencari jalan pintas, jangan pernah mencari dukun atau orang pintar, tapi carilah Tuhan, karena Tuhan tidak pernah mengecewakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s