The Heart of David

ps.Niko Njotorahardjo

Kita harus memiliki hati seperti Daud. Daud adalah gambaran dari Tuhan. Berbicara mengenai Daud, Tuhan selalu berkata: “Tentang Daud, Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.” (Kisah Para Rasul 13:22b). Daud berkenan dihati Tuhan, karena ia melakukan kehendak-Nya. Jadi, hati Daud adalah hati Tuhan. Ada tiga hal yang dapat kita pelajari mengenai hati Daud, diantaranya:

Daud langsung bertobat ketika ditegur

Daud pernah berdosa. Dalam peristiwa Batsyeba, Daud merekayasa supaya Uria tewas dalam pertempuran. Rekayasa itu hanya diketahuinya bersama jendralnya, Yoab. Daud lupa bahwa Tuhan juga mengetahui rekayasa itu dan dihadapan Tuhan merupakan kekejian. Nabi Natan diutus Tuhan untuk menegur Daud. Begitu ditegur, Daud langsung bertobat. Ia langsung mengakui kesalahannya. Setiap kali ia ditegur karena melakukan dosa, ia tidak pernah berdalih, tapi langsung mengakui dan bertobat. Ketika raja Saul ditegur nabi Samuel, raja Saul mencari berbagai alasan, ia tidak mau mengakui kesalahannya, melainkan mencari kambing hitam. Banyak raja-raja pada masa itu ketika ditegur, mereka lekas memasukkan nabi yang menegurnya ke dalam penjara dan memenggal kepalanya. Namun, Daud tidak pernah melakukan seperti itu. Tuhan mengampuni ketika kita meminta ampun, tapi hukumannya berjalan terus. Banyak orang berpikir, jika dosanya sudah diampuni, maka tidak ada konsekuensi hukuman. Hukuman akan tetap berjalan, tapi kita sudah diampuni, sehingga kita tidak mati kekal selama-lamanya.

Daud tidak melawan atasannya

Firman Tuhan mencatat bahwa Daud membiarkan Saul hidup sampai dua kali. Saul adalah ayah mertua Daud, atasan, serta raja pada masa itu, yang ingin membunuh Daud. Pengurapan Saul yang ditarik Tuhan membuat Saul bertingkah aneh, seperti: ketika orang-orang memuji Daud, Saul menjadi iri hati; ketika Daud sedang bermain kecapi, Saul melemparkan tombaknya kearah Daud untuk membunuhnya; ketika Daud dikejar hendak dibunuh oleh Saul, hingga Daud bertanya apakah kesalahannya, namun Saul tidak peduli dan tetap mengejar Daud. Daud tidak membunuh Saul ketika ada kesempatan didalam gua, ia hanya memotong punca jubah Saul tanpa diketahuinya. Saat Daud memotong punca jubah Saul, Firman Tuhan mencatat bahwa hati Daud berdebar-debar. Saat itu Daud mengetahui bahwa ini adalah peringatan Tuhan, bahwa ia tidak boleh membunuh orang yang diurapi Tuhan. Jika hati kita berdebar-debar, jangan mengabaikan alarm tersebut. Jika kita mengabaikan peringatan Tuhan, kita akan mengalami hal yang tidak enak. Ketika Daud dipadang gurun Zif, Saul beserta tentaranya mengejar Daud dan berkemah disana. Kemudian, Daud mendekati perkemahan itu dan melihat Saul tertidur bersama jenderalnya, Abner dengan dikelilingi prajurit-prajuritnya. Betapa beraninya Daud bersama jenderalnya, Abisai mendatangi perkemahan tersebut. Daud merupakan pahlawan perang yang luar biasa. Tuhanlah yang membuat Saul dan pasukannya tertidur. Daud melarang Abisai menikam orang yang diurapi Tuhan, ketika ia diberi kesempatan kedua. Tuhan mau kita mempunyai hati Daud. Ketika kita mulai memiliki niat yang tidak benar, maka hati kita pasti berdebar-debar, itulah alarm dari Tuhan.

Daud tidak membalas kejahatan bawahannya

Ketika Absalom, anak Daud memberontak dan mau membunuh ayahnya sendiri, Daud lari dari Yerusalem menuju Mahanaim. Jika ada orang yang datang memaki kita, jarang orang yang tidak marah dan membalasnya. Daud mengampuni Simei, orang yang mengutuki Daud dihadapan jenderal serta para pengikutnya. Ketika Daud akan meninggal, ia memanggil Salomo, anaknya dan memberikan pesan terakhir tentang tiga orang dan salah satunya adalah Simei (1 Raja-raja 2:8-9). Tuhanlah yang menghukum Simei. Pesan Daud kepada Salomo diatas bukan karena Daud sakit hati, melainkan ini merupakan suara Tuhan. Pada akhirnya, ternyata Tuhan yang membalas perbuatan Simei terhadap Daud. Daud memegang satu prinsip, yaitu penghukuman bukan hak kita, tapi hak Tuhan. Jika kita lakukan ini, kita memiliki hati Daud dan kita akan diberkati Tuhan secara luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s