Jagalah Hati

pdm.Fandy Latif

“Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.” (Galatia 6:15)

Rasul Paulus menulis kitab Galatia ini karena ada tujuannya, ia ingin mengingatkan bahwa sebagai orang Kristen, yang terpenting bukanlah sesuatu yang kelihatan dari luar, tapi yang berasal dari dalam. “Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati.” (1 Samuel 16:7b). Banyak orang Kristen memutuskan untuk dibaptis bukan karena Tuhan, tapi karena memiliki kepentingan yang lain. Tuhan tidak melihat penampilan kita, namun Dia melihat hati kita. Jika hidup didalam kita benar, maka akan keluar hal-hal yang benar pula. “Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” (Yohanes 7:38). Hati itu diumpamakan seperti mata air (Mazmur 24:3-4). Ada tiga ciri air yang dapat digolongkan sebagai air yang kondisinya baik atau sehat, diantaranya:

  1. Air harus jernih, berbicara mengenai kejujuran dan integritas didalam kehidupan kita. Kejujuran sukar ditemui dimasa sekarang. Miliki kejujuran didalam hati kita. Tuhan menginginkan tekad dan motivasi kita untuk hidup dan hidup lebih baik lagi. Kejujuran memang sukar dilakukan, namun saat kita memutuskan untuk hidup jujur, maka ada keselamatan dan kebaikan pula didepan kita.
  2. (Ibrani 12:14) Air tidak berbau, berbicara mengenai kekudusan dan tidak berbuat dosa (Lukas 11:15). Segala hal yang berbau busuk akan dihinggapi lalat. Sebaik apapun kita menutupi dosa, seiring dengan waktu akan tercium baunya dan akan dihinggapi lalat.
  3. Air tidak berwarna, berbicara mengenai kepahitan yang menimbulkan dendam. Kita tidak bisa mengatur apa yang ada diluar hidup kita, namun kita bisa mengatur apa yang ada didalam kita. Mengampuni itu harus dilakukan tanpa batas (no limit). Belajarlah mengampuni. Proses pengampunan itu tidak hanya sekali dilakukan, karena pengampunan itu merupakan sebuah proses yang harus kita lalui. Jika hati kita benar, maka hidup kita benar dan membuat kita menjadi seorang pemenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s