Dosa-Dosa yang Menutup Pintu Berkat

pdm.Dwi Sumarsono

(1 Korintus 10:1-11) kita hidup atas perkenanan Tuhan, Dia berkenan membuka satu pintu dan pintu berikutnya. Ada banyak pintu dan mujizat yang Tuhan bukakan dalam hidup kita. Sepuluh tulah merupakan lambang pintu yang Tuhan bukakan untuk membawa bangsa Israel keluar dari perbudakan bangsa Mesir, dan Laut Teberau yang dibelah merupakan pintu lain yang dibukakan Tuhan bagi mereka. Ada lima dosa yang menyebabkan pintu berkat tertutup, diantaranya:

  1. Menginginkan hal-hal yang jahat (1 Korintus 10:5-6). Keinginan itu berarti belum melakukannya, namun sudah berdosa. (Bilangan 11:4) orang yang egois berlawanan dengan kasih, karena ia rakus (makanan, harta) dan menginginkan hal-hal yang jahat. Keberhasilan kita tidak ditentukan oleh banyaknya harta, keberhasilan kita ditentukan oleh bagaimana hati kita menyikapi harta yang banyak.
  2. Menyembah berhala (1 Korintus 10:7), berbicara mengenai menyembah patung, memiliki jimat, pergi ke dukun, dan terperangkap dalam dosa okultisme. Segala sesuatu yang lebih kita prioritaskan daripada Tuhan, digolongkan sebagai berhala (harta, gadget, keturunan).
  3. Percabulan, yaitu segala sesuatu yang tercakup dalam dosa seks (melihat gambar pornografi merupakan cikal bakal perzinahan dan dosa seks). Dosa bukan sekedar masalah, karena masalah itu memiliki pemecahan masalah (problem solving), baik masalah besar maupun masalah kecil, namun dosa tidak dapat dipecah-pecahkan menjadi dosa besar dan dosa kecil, karena dosa adalah dosa. Kita harus mengetahui rambu-rambunya (Matius 5:27-28).
  4. Mencobai Tuhan. Kriterianya, menuntut Tuhan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kehendak-Nya atau tidak sesuai dengan karakter-Nya. Orang yang tidak mengasihi (membenci) adalah orang yang sedang membunuh orang lain. Orang yang mengerti pembelajaran namun tidak taat, berarti telah mencobai Tuhan.
  5. Bersungut-sungut, berarti mempertanyakan sesuatu yang sebetulnya Tuhan memiliki maksud atasnya. Seberat apapun masalah yang kita hadapi, ada maksud Tuhan yang terbaik bagi kita. Orang yang bersyukur menempatkan dirinya dibawah Kedaulatan Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s