Respon yang Benar Ditengah Krisis

pdm.Ade Surya

Responi masalah yang terjadi dengan benar. Bukan banyaknya masalah yang membuat kita kuat, dewasa, dan bertumbuh, tapi banyaknya respon yang benar terhadap masalah yang membuat kita menjadi kuat, dewasa, dan bertumbuh. Adakalanya goncangan terjadi karena goncangan merupakan bagian dari janji Tuhan untuk menunjukkan Kerajaan yang tidak tergoncangkan, untuk menunjukkan orang-orang Kristen yang sejati, dan untuk membedakan antara murid Tuhan atau pengikut Tuhan. (Kejadian 26:1-13) ada tiga respon yang benar yang harus kita lakukan ditengah krisis, diantaranya:

  1. Kita harus tetap tinggal didalam perjanjian berkat-Nya Tuhan (Kejadian 26:3). Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang mengikatkan diri-Nya terhadap kita dengan janji. Janji adalah kesepakatan dua belah pihak, dimana masing-masing pihak harus mengerjakan bagiannya. Apabila salah satu pihak yang bersepakat tersebut tidak mengerjakan bagiannya, maka janji tersebut dianggap tidak terjadi. Ulangan 28:2-6 berbicara mengenai janji berkat yang Tuhan mau berikan kepada kita. Bagian Tuhan adalah memberkati kita. Hidup kita tidak bisa lepas dari proses keluar masuk. Percayalah pada Firman Tuhan, bahwa keluar masuk kita akan diberkati Tuhan. Bagian kita adalah hidup dalam kebenaran Firman Tuhan dan melakukan Firman Tuhan. Janji Tuhan akan nyata jika kita tetap hidup didalam Firman Tuhan dan janji Tuhan.
  2. (Kejadian 26:8) kita harus tetap rukun, harmonis, unity, ada kesatuan (terutama didalam keluarga). Tidak ada berkat dalam percekcokan dan perselisihan. Tanpa kerukunan, tidak ada kesepakatan.
  3. (Kejadian 26:12-13) tetap menabur, sekalipun krisis sedang didalam kehidupan. Dari setiap berkat Tuhan yang kita terima, ada dua prinsip, yaitu roti untuk dimakan dan benih untuk ditabur. Roti yang kita makan akan selalu habis, karena itu kita harus senantiasa menebar benih. Jangan pernah menahan atau memegang benih disaat krisis, tapi tabur benihnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s