Permintaan Tuhan

pdm.Ade Surya

“Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh Tuhan, Allahmu, selain dari takut akan Tuhan, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, berpegang pada perintah dan ketetapan Tuhan yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.” (Ulangan 10:12-13)

Ada perbedaan mendasar antara permintaan kita dengan permintaan Tuhan. Saat kita meminta, kita hanya fokus pada diri dan kepentingan kita sendiri, sedangkan permintaan Tuhan tidak berfokus pada diri-Nya dan tidak demi kebaikan Tuhan. Tuhan tetaplah Tuhan, apapun yang Dia lakukan dan perintahkan tidak akan menghilangkan keilahian-Nya. Dalam Ulangan 10:12-13, Tuhan meminta kita berpegang pada perintah dan ketetapan-Nya supaya keadaan kita menjadi baik. Apa yang menjadi permintaan Tuhan pada setiap kita? Sebelum memasuki tahun 2014 dan meninggalkan tahun 2013, ada empat hal yang menjadi permintaan Tuhan yang harus kita lakukan,supaya keluar masuk hidup kita senantiasa ada dalam pemeliharaan tangan Tuhan, diantaranya:

  1. Takut akan Tuhan (Ulangan 10:12). Sikap takut akan Tuhan berarti memandang hormat dan respect pada Tuhan, memiliki kesadaran penuh, kuat, dan utuh bahwa Tuhan hadir dimanapun. Jika kita sadar bahwa Tuhan ada dimanapun, hal ini akan menjadikan hidup kita sejalan dengan kehendak-Nya.
  2. Hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya (Ulangan 10:12). Tuhan mau kita taat kepada-Nya. Tak mudah melakukan apa yang Tuhan perintahkan pada kita, karena kadangkala yang Tuhan suruh kita kerjakan jauh dari apa yang kita bayangkan. Percayalah dengan iman, bahwa segala jalan yang ditunjukkan Tuhan pada kita adalah jalan yang terbaik bagi hidup kita.
  3. Mengasihi Tuhan (Ulangan 10:12). Jangan mengasihi Tuhan berdasarkan perasaan, tapi kasihilah Tuhan kita dengan keputusan. Orang yang mengasihi Tuhan berdasarkan perasaan akan berhenti mengucap syukur, ia hanya mengasihi Tuhan saat berada dalam keadaan yang kurang baik. Tuhan sudah lebih dulu mengasihi kita dan mencintai kita tanpa syarat, maka sudah sepantasnya kita membalas kasih Tuhan dengan hidup seturut dengan perintah-Nya.
  4. Beribadah pada Tuhan Allah dengan segenap hati dan segenap jiwa (Ulangan 10:12). Ibadah yang sejati adalah ibadah yang disertai dengan pertobatan. Dalam Amanat Agung, Tuhan memerintahkan kita untuk menjadikan semua bangsa murid Kristus. Murid adalah orang yang rela diperlakukan Tuhan semau-mau-Nya, sedangkan yang bukan murid adalah orang yang rela untuk memperlakukan Tuhan semaunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s