Garam dan Terang Dunia

ps.Welyar Kauntu

“Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.” (Matius 5:13-15)

Kita adalah garam dan terang dunia, suatu status bagi setiap orang percaya yang mengikut Yesus (1 Petrus 2:9), kita adalah umat tebusan yang dipindahkan dari kegelapan menuju terang (ecclesia). Fungsi garam, diantaranya:

  1. memberi rasa asin. Garam bekerjanya tidak kelihatan, tapi dapat dirasakan. Fungsi garam bagi orang Kristen berbicara mengenai doa, pujian, penyembahan. Doa syafaat berarti kita berdoa bagi orang lain. Kebanyakan kita berdoa untuk tiga pribadi, yaitu me, myself, and i, sekarang waktunya kita berdoa untuk orang lain. Garam itu tidak perlu terlalu banyak, tapi mampu memberi makna. Kita dipanggil Tuhan menjadi garam dunia, itu bukan pilihan. Jadilah garam bagi lingkungan kita (Yeremia 29:7). Garam memberi rasa sehingga dapat dinikmati. Garam membawa pengaruh yang dapat dirasakan. Hari-hari ini Tuhan rindu kita berdoa syafaat, khususnya untuk keluarga kita supaya mereka diselamatkan. Dalam Kejadian 18:16-33 menceritakan doa syafaat Abraham atas Sodom Gomora, dimana ia bernegosiasi dengan Allah mengenai keberadaan orang benar dikota tersebut, dimana hanya keberadaan orang benar yang mampu meredakan murka Tuhan.
  2. mengawetkan, menghambat pembusukan. Doa, pujian, penyembahan berfungsi menghambat bakteri yang berusaha membusukkan suatu daerah. Doa, pujian, penyembahan (hadirat Tuhan) memagari dan melindungi keluarga dan hidup kita dari serangan si jahat, panah-panah api, dan jerat iblis. Pembelaan Tuhan bagi orang benar masih nyata sampai hari ini. Jadilah pribadi yang dipermuliakan Tuhan, bukan dipermalukan-Nya. Doa mampu menggagalkan iblis yang berusaha mencuri prinsip-prinsip kebenaran dari kita, mencuri sukacita dan kebahagiaan dalam keluarga, serta membunuh kasih.
  3. menolak bala. Tuhan melindungi orang-orang yang percaya kepada-Nya. Jika kita berdoa, kita diluputkan dari serangan si jahat, panah-panah api, dan jerat iblis, karena Tuhan yang meluputkannya.

Fungsi terang, diantaranya:

  1. menolong kita dalam mengerjakan sesuatu. Berbuatlah baik menolong orang yang membutuhkan. Terang tidak untuk disembunyikan. Banyaklah berbuat baik, sehingga kita memuliakan Tuhan dengan segala perbuatan baik kita (Filipi 4:5).
  2. membantu membersihkan kekotoran disuatu tempat, untuk mengukur suatu tempat itu bersih atau tidak. Jadilah orang Kristen yang menjadi ukuran (standar) etika, moral bagi lingkungan sekitarnya. Untuk menjadi terang, kita harus penuh dengan Firman Tuhan, banyak tinggal dalam hadirat Tuhan, maka kasih-Nya akan senantiasa diperbaharui dan terang kita tetap menyala (efektif), mempunyai kuasa dan otoritas. Fungsi kita sebagai garam, akan memperkuat fungsi kita sebagai terang. Saat kita di recharge (diisi terus dengan Firman Tuhan), maka terang kita akan powerful.
  3. memberi tuntunan, menunjukkan kita jalan yang benar dan harus kita tempuh. Sebagai orang Kristen, kita harus menunjukkan jalan keselamatan. Tak sekedar berbuat baik dan menjadi teladan bagi sekitar kita, tapi sempurnakanlah dengan kesaksian kita tentang Tuhan dan tunjukkanlah jalan keselamatan bagi dunia. Buat dunia tau bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat kita. Jangan menjadi terang dibawah gantang. Hari-hari ini Tuhan rindu membuka pintu penuaian, tapi sebagai anak-anak Tuhan, kita harus terus bergerak. Ketika kita bergerak, maka pintu akan terbuka.

Jika kita mau menjadi garam dan terang dunia, percayalah bahwa akan ada satu momen dimana Tuhan akan membukakan kesempatan untuk memakai kita. Tak ada nama lain yang berkuasa selain nama Yesus. Saat kita mengambil peran sebagai garam dan terang dunia, maka mujizat-mujizat-Nya akan senantiasa menyertai kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s