Berkat Tuhan Bagi Kita

ps.Bambang Jonan

“Tuhan akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman. Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia, dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya.” (Ulangan 28:12-14)

Ada tiga macam berkat yang Tuhan sediakan bagi kita, yaitu:

  1. Berkat bakul. “Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.” (Ulangan 28:5)
  2. Berkat lumbung. “Tuhan akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu.” (Ulangan 28:8) Berkat bakul dan berkat lumbung merupakan berkat yang berasal dari tanah, contoh: berkat pangan, ternak, hasil usaha.
  3. Berkat bangsa (Ulangan 28:12).

Kata ‘langit’, dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah ‘Heaven’ (Surga). Berkat ini bukan berasal dari dunia, tapi khusus dari Surga. Surga merupakan tempat penyimpanan (store house), dimana Tuhan menyimpan segala hal yang baik (segala berkat rohani). Bapa telah mengaruniakan pada kita segala berkat didalam Kristus (Efesus 1:3). Surga hanya memiliki persediaan pemberian yang terbaik, anugerah yang sempurna (Yakobus 1:17). Ulangan 28:12-14 merupakan berkat yang Tuhan telah sediakan bagi kita. Bagaimana kita yang tinggal dalam dunia ini sanggup membuka perbendaharaan Surga?

  1. Ketika kita mengembalikan persembahan persepuluhan dan persembahan khusus, maka Tuhan akan membukakan perbendaharaan-Nya dan tingkap-tingkap langit  bagi kita (Maleakhi 3:8-10).
  2. Ketika kita sujud di Yerusalem, kota Kudus Tuhan. Saat Surga terbuka, hujan turun (Zakharia 14:16-17).
  3. Ketika kita menghormati orangtua kita (Efesus 6:1-3). Dari sepuluh Hukum Taurat, sembilan hukum hanya berupa perintah, tapi hukum ke-5 bersifat istimewa, karena apabila kita melakukannya dengan sukacita, maka ada berkat khusus yang akan Tuhan berikan bagi kita (Keluaran 20:12). Setiap orangtua memiliki kuasa dalam doanya, jika mereka berdoa dan melepaskan berkat bagi anak-anaknya, maka Surga merespon dan membuka perbendaharaannya, mencurahkan embun yang dari langit (Surga), tanah-tanah gemuk yang terbaik, gandum, anggur, dan sukacita yang penuh. Setiap kita menghormati orangtua kita, maka ada berkat Tuhan yang luar biasa.

Dalam Kejadian 27:28-29, Yakub adalah seorang yang sangat merindukan berkat dari Surga. (1 Samuel 17:57-58) Daud, anak muda yang dilupakan Isai, ayahnya, dan ibunya, ketika Nabi Samuel datang hendak mengurapi salah satu dari anak mereka untuk menjadi raja (1 Samuel 16), sehingga Daud menulis Mazmur 27:10, “Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun Tuhan menyambut aku.” Hanya Daud yang mau memelihara harta kambing domba ayahnya yang hanya 2-3 ekor. Seluruh kakaknya menjadi tentara Saul. Tapi, ketika Goliat datang, hanya Daud yang berani dan berhasil mengalahkan Goliat. Ketika semua orang mengagumi dan menanyakan siapa dia, Daud bisa saja mengagumi dirinya sendiri, tapi Daud memilih untuk memuliakan bapanya, ia menyebut dirinya anak Isai. Sebagai anak, jagalah nama baik ayah dan ibumu. Jika kita telah menikah, jaga nama baik ayah dan keluargamu, karena jika kita berbuat kesalahan, maka seluruh keluarga akan menanggung malu. Ketika kita sudah tua, kita bukan sekedar menjaga nama baik ayah dan keluarga kita, namun juga menjaga nama baik anak kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s