Pentakosta Ketiga

pdp.Aruna Wirjolukito

(Lukas 12:54-56) kemampuan untuk menilai zaman tingkat kesulitannya lebih rendah daripada kemampuan untuk menilai langit dan bumi. Menjelang Tuhan datang, akan banyak tanda-tanda dilangit dan dibumi yang mengantar kita memasuki sebuah perjalanan menuju zaman akhir. Ciri-ciri Pentakosta ketiga tidak akan jauh dari Pentakosta yang pertama dan kedua, diantaranya:

  1. Pencurahan Roh Kudus. Pencurahan Roh Kudus pertama dicatat dalam Kisah Para Rasul 2, dimana 120 dari 500 orang berkumpul di upper room dan menerima pencurahan Roh Kudus. Pencurahan Roh Kudus pernah terjadi di Yerusalem. Tahapnya: pencurahan Roh Kudus, orang mulai bertobat dan bertobat semakin besar, semua tempat dipenuhi, dan akhirnya terjadi aniaya. Orang Kristen yang ikut Tuhan, pasti akan menerima aniaya. Jika aniaya datang atas kita, jangan takut, karena Roh Kemuliaan ada atas kita. Orang Kristen tidak bisa melakukan korupsi seperti orang yang belum mengenal Tuhan, karena orang Kristen mempunyai rambu-rambu. Jika kita percaya Tuhan, kita akan diberkati berlimpah-limpah, tapi ada tanggungjawab yang harus kita kerjakan dalam hidup ini. Pencurahan Roh Kudus yang pertama terjadi pada saat doa pagi. Hujan turun bisa memakan waktu yang lama, tapi derasnya sebentar. Kita tidak pernah tau kapan hujan derasnya, tapi kita tau bahwa tanda-tanda awal hingga akhirnya akan berlangsung lama sekali. Pentakosta pertama terjadi tidak lebih dari satu jam, dimana 3000 orang bertobat dan yang menerima Roh Kudus tidak lebih dari 120 murid dan dampaknya berlangsung hingga hari ini. Pencurahan Roh Kudus yang kedua berlangsung tidak sampai 2 minggu. Menjelang Tuhan datang, banyak orang dijamah Tuhan, kesembuhan terjadi, tapi tantangannya juga besar. Menjelang Tuhan datang, akan terjadi Pentakosta ketiga. Pentakosta ketiga berlangsung dalam hitungan hari. Persiapannya panjang dan dampaknya panjang, tapi berlangsungnya singkat. (Yoel 2:28; Obaja 15) Pentakosta pertama dan kedua tidak semua orang mendapat pencurahan Roh Kudus. Tuhan berjanji bahwa Pentakosta ketiga, pencurahan Roh Kudus akan terjadi pada semua orang.
  2. Tuhan akan membangkitkan tiga generasi: orangtua mendapat mimpi, anak-anak bernubuat, dan teruna-teruna mendapat penglihatan.
  3. Tuhan akan mengadakan mujizat (tanda unik yang belum pernah atau sangat jarang terjadi, bisa berkonotasi positif atau bisa juga bencana negatif). Terdapat darah, api, dan gumpalan asap (pillar of smoke), akan ada tanda-tanda konflik perang. (Daniel 11:40) Negara pertama yang akan menyerang Israel adalah Mesir. Mesir tidak akan pernah berhenti konflik sampai terpilih seorang pemimpin yang berani angkat senjata untuk menginvasi Israel.
  4. Akan banyak pertobatan, orang-orang yang berseru pada nama Tuhan akan diselamatkan.
  5. Second coming. (Yoel 2:31) matahari gelap gulita, berarti terjadi gerhana matahari total (total solar eclipse). Bulan darah, berarti terjadi gerhana bulan total (total lunar eclipse). Dalam kehidupan kita, Alkitab menuliskan bahwa gerhana matahari dan gerhana bulan bisa menjadi suatu penanda apa yang akan terjadi. Dalam Lukas 21:28; Kisah Para Rasul 22:20; Matius 24:29; Wahyu 6:12; Yoel 2:31, lima jenis orang Kristen percaya bahwa tanda menjelang Tuhan datang akan terjadi matahari gelap gulita (gerhana matahari total) dan bulan menjadi merah seperti darah (gerhana bulan total). Saat Tuhan datang, yang tau bukan hanya gembala dan orang Kristen saja, tapi seluruh tanda alam akan menjelaskan hal ini. Perayaan Yahudi banyak sekali, tapi yang terpenting adalah tujuh perayaan bangsa Yahudi. Pertama adalah Paskah dan yang terakhir (ketujuh) adalah Sukkot (Tabernakel). Ada hal unik yang terjadi, di alam ini ada sebuah pola astronomi, gerhana matahari total jarang terjadi, gerhana bulan lebih sering, tapi gerhana bulan total tidak bisa dikatakan sering terjadi. Tetrad adalah pola astronomi khusus dimana terjadi gerhana bulan total berurutan sebanyak empat kali dalam dua tahun, dan selalu terjadi pada rentang waktu yang sama, jatuh bersamaan dengan perayaan hari raya orang Yahudi yaitu Paskah dan Sukkot. Rabbi Yahudi percaya, jika terjadi gerhana bulan total (tetrad) empat kali dalam dua tahun dengan rentang waktu yang sama, maka sebelum tetrad terjadi, maka darah orang Yahudi harus dicurahkan oleh bangsa-bangsa lain. Gerhana bulan total empat kali berturut turut total (tetrad) hampir tidak pernah terjadi. Tahun 2014 dan 2015 akan terjadi tetrad ditambah dengan dua kali gerhana matahari total di tahun baru Yahudi 1 Nisan dan tahun baru kalender 1 Tisri. Ada satu peristiwa yang akan terjadi dari hari ini sampai dengan tetrad yang pertama, sebuah peristiwa besar, yaitu Pentakosta yang ketiga, akan terjadi pencurahan Roh Kudus besar-besaran, akan terjadi penuaian satu milyar jiwa sedunia akan menerima Tuhan. Jangan sibukkan diri kita dengan hal-hal yang tidak terlalu penting atau mendesak, hal yang terpenting adalah kita mengenal Tuhan lebih dalam lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s