Peranan Roh Kudus

pdm.Samuel Lazuardi

“Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku.” (Yohanes 16:7-9)

Ada tiga hal penting yang Roh Kudus ingatkan saat Dia datang ke dunia, diantaranya: Roh Kudus mengingatkan kita akan satu dosa, yaitu dosa tidak percaya pada Tuhan. Tiket ke Surga atau keselamatan (salvation) is plain and simple. Yohanes 3:16-17 menuliskan Injil adalah kabar baik tentang kasih karunia (Gospel of grace). Yesus diutus kedalam dunia, bukan untuk menghakimi manusia, melainkan untuk menyelamatkan setiap orang yang percaya kepada-Nya (Kisah Para Rasul 16:30-31). Unbelieve is the greatest sin, adalah sebuah dosa terbesar dan bahaya apabila kita tidak percaya kepada Tuhan. Dosa memisahkan (seperti jurang) manusia dengan Tuhan. (Efesus 2:8-9) Keselamatan adalah pemberian Tuhan, bukan hasil dari agama atau perbuatan baik kita. Jurang pemisah antara manusia dengan Tuhan akan senantiasa ada, karena ketidakpercayaan manusia pada Tuhan. Semua dosa telah ditebus-Nya, tapi hanya ada satu dosa yang membuat manusia masuk kedalam neraka, yaitu tidak percaya kepada Tuhan (menolak Tuhan – 1 Yohanes 2:1-2). Yesus mati menanggung dosa seluruh dunia (Titus 2:11). Tuhan tidak pernah mengirim manusia kedalam neraka, Dia justru sedang mengeluarkan manusia yang seharusnya berada didalam neraka, untuk diselamatkan dan berhak masuk kedalam Surga. (Yohanes 14:1-6) kita hidup karena iman. Kita tau jalan menuju Surga, yaitu melalui Yesus. Percayalah pada Yesus, maka kita sudah diselamatkan (Roma 3:23-24) kita memang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah, tapi kita juga telah dibenarkan-Nya dengan cuma-cuma. (Roma 10:9; 1 Korintus 12:3).

Roh Kudus mengingatkan kita akan kebenaran (Yohanes 14:16-17). Tuhan pergi kepada Bapa, tapi Roh Kudus tinggal didalam kita selama-lamanya (1 Korintus 6:19). Baptisan Roh Kudus mengaktifkan Roh Kudus yang telah ada didalam kita, bukan untuk kita menerima Roh Kudus (Efesus 1:13-14). Saat kita percaya, kita dimateraikan oleh Roh Kudus. (2 Korintus 1:20-21; Roma 8:11) tubuh kita adalah bait Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh yang pernah membangkitkan Yesus dari kematian. Holy Spirit power (Lukas 10:19; Ibrani 13:5-6). Tuhan tidak sekalipun akan meninggalkan kita. I’ll stay with you even if you leaving (Matius 28:20).

Roh Kudus mengingatkan kita akan penghakiman, bukan untuk menghakimi kita, tapi Roh Kudus mengingatkan kita bahwa penguasa dunia ini (iblis) akan dihukum. Tuhan sudah menang dan mengalahkan iblis. (Roma 8:37) jika Tuhan adalah pemenang, maka kita lebih dari pemenang, karena Tuhan telah memberikan kemenangan yang telah diraih-Nya untuk kita. Tipu muslihat adalah satu-satunya senjata iblis. Percayalah, bahwa kita lebih dari pemenang dan iblis telah dikalahkan Tuhan. Kenakan selengkap senjata Allah, bukan untuk kita melawan iblis, tapi untuk bertahan. Tuhan adalah pembela kita (Roma 8:33-34).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s