The Kingdom Determination

ps.Mohammad Riza Solihin

Dalam Matius 2:1-3, Tuhan selalu mengkomunikasikan diri-Nya melalui media yang kita kenal. Tuhan mengkomunikasikan kelahiran-Nya kepada orang Majus yang adalah ahli perbintangan melalui media yang mereka kenal, yaitu bintang Natal. Persia secara demografi berada di Iran. Perjalanan orang Majus dari Betlehem ke Yerusalem secara tradisi berlangsung selama 22 bulan dengan menggunakan kuda. Bintang Natal menuntun orang Majus ke Betlehem. Ada tiga raja yang lahir di Betlehem, yaitu Boas, Daud, dan Yesus. Betlehem (house of bread), roti kehidupan tersebut ada didalam kehidupan kita. Jika kita ingin melihat kebesaran Tuhan dinyatakan atas kehidupan kita di tahun 2013, maka izinkanlah Tuhan yang semakin besar dan kita yang semakin kecil; more of Him, less of me. Dimuliakan berarti diproses habis-habisan. Kita tidak perlu diproses habis-habisan jika pewahyuan datang dan kita mentaatinya. Orang dapat berubah karena dua hal, yaitu karena pewahyuan dan keadaan. Konteks yang disampaikan oleh gembala pembina, Ps. Niko Njotorahardjo mengenai dimuliakan adalah diproses habis-habisan menurut keadaan, karena orang tersebut tidak mau berubah. Biarlah kita tidak perlu diproses habis-habisan, tapi diproses oleh karena pewahyuan, dimana ketika pewahyuan datang, kita mentaatinya sebelum keadaan yang terlebih dulu memaksa kita untuk berubah. Di tahun 2013, biarlah tak seorangpun dari kita yang mengalami keraguan, karena janji Tuhan pasti digenapi. Ada banyak orang yang menabur sekian banyak, membajak sekian lama, namun tidak menuai hasil, karena keraguannya (Galatia 6:9). Seseorang sukar masuk ke garis finish, karena ketika mereka semakin dekat dengan tujuan, muncul keraguan. Semakin dekat tujuan, peperangan rohani akan semakin besar. Dibutuhkan ketetapan hati untuk melangkah maju, karena terobosan pasti terjadi. Rasul Paulus berkata, jangan lengah dibelakang. Menuai itu dibelakang setelah kita menabur dan membajak, namun banyak orang lengah dibelakang, sehingga ketika ia telah menabur dan membajak, ia tidak menuai karena keraguannya. Miliki determinasi, yaitu ketetapan hati untuk maju, keteguhan hati untuk terus melangkah. Koridornya bukan daging, melainkan Firman Tuhan. Melangkah sesuai dengan Firman dan suara-Nya membutuhkan determinasi. Hidup adalah sebuah perjalanan, dibutuhkan determinasi untuk kita mencapai sasaran Surgawi dalam kehidupan kita.

Matius 26:62-63 Yesus tetap diam, tidak membuka mulut untuk mencari pembenaran ketika Dia diejek dan dihina, karena Dia tau sebentar lagi tugas-Nya untuk penebusan umat manusia selesai di Bukit Golgota. Golgota harus tetap sesuai rencana dan kehendak Bapa tidak boleh tertunda, sehingga kita dapat menerima janji dan kasih karunia Tuhan. Untuk mencapai garis akhir, dibutuhkan fokus pada tujuan ilahi. Orang yang berhasil adalah orang yang radikal pada fokusnya. Tuhan ingin janji-Nya pada kita on scheduled dan tidak ada yang delayed. Jangan seperti orang Majus yang telah berjalan dalam pewahyuan sepanjang ribuan kilo, ketika telah dekat dengan Betlehem, mereka membuka mulutnya, sehingga fatal akibatnya, satu generasi hilang, dibunuh. Jika doa kita belum dijawab, itu bukan karena perubahan rencana Bapa, tapi seringkali karena kebodohan kita. Majulah dalam pewahyuan dan yakinlah bahwa sedikit lagi janji Tuhan itu pasti digenapi dalam kehidupan kita.

Yosua 10:8-14 orang yang mengundurkan diri, tidak berkenan dihadapan Allah. Yosua dan Yesus memiliki mentalitas penuntas. Doa kita berkuasa dan mengubahkan jika kita memiliki mentalitas penuntas. Pelayanan yang berhasil membutuhkan mentalitas penuntas. Saat kita setia sampai akhir, doa kita diperhitungkan dan dijawab Tuhan, karena kita memiliki mentalitas penuntas. Jangan pernah ragu dengan segala yang kita imani dan lihat. Terus maju. Jika kita memiliki mentalitas penuntas, kita akan melihat keajaiban Tuhan terjadi atas kehidupan kita di tahun 2013 dan janji Tuhan pasti digenapi. Tanpa mentalitas penuntas, segala yang kita lakukan tidak pernah berarti dan menghasilkan apa-apa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s