Be Wise, Choose God, Don’t Run!

ps.Tan Ye Peng

Kitab Kejadian, kitab pertama dalam Perjanjian Lama, menceritakan para tokoh Alkitab dengan segala pilihan hidup yang mereka ambil beserta konsekuensinya. Setiap pasal demi pasal seringkali membandingkan kehidupan diantara dua orang. Melalui kitab Kejadian, Tuhan memberitahukan kita untuk belajar memilih dan mengambil keputusan yang benar. Pilihlah Tuhan, putuskan untuk tetap menyukakan hati-Nya. Dalam Ulangan 11:26, “Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: berkat, apabila kamu mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.” Yusuf dan Yehuda adalah kakak beradik dengan keputusan hidup yang berbeda. Kejadian 37 menceritakan Yusuf, seorang yang takut akan Tuhan dan selalu menimbang apakah setiap tindakannya menyukakan hati Tuhan atau tidak. Kejadian 38 menceritakan Yehuda, seorang yang hidupnya tidak mempedulikan Tuhan, ia tidak peduli apakah setiap tindakannya menyukakan hati Tuhan atau tidak), ia meninggalkan hadirat Tuhan (tudung rohani) dan keluar menumpang di tempat lain. Kiranya kita tetap berada dalam persekutuan (tempat yang aman) dengan orang-orang percaya lainnya untuk saling menguatkan.

Yakub dan Esau. Seringkali tanpa sadar, saat kita hidup dalam kelimpahan dan kecukupan, kita tidak berpikir untuk membutuhkan Tuhan. Kejadian 35 menceritakan Yakub, seorang gembala yang dinamakan Israel (pangeran bersama Tuhan), ia memiliki Tuhan. Kejadian 36 menceritakan Esau, seorang yang kehidupannya rapi dan berkecukupan, namun ia tidak memiliki Tuhan. Esau lari menjauh dari hadirat Tuhan. Ia dinamakan Edom. Tak ada seorangpun yang tau keberadaan Edom, tapi hampir semua orang mengetahui keberadaan Israel. Ketika kita memilih Tuhan, Dia tidak akan melupakan kita. Ketika kita menghormati Tuhan, maka Bapa di Surga pun akan menghormati kita, demikian sebaliknya.

Kain dan Set. Dalam Kejadian 4:17, Kain, seorang yang pintar dan terampil (memiliki bisnis sebagai tukang tembaga dan besi), hidup tanpa Tuhan dan ia lari dari hadirat Tuhan. Dalam Kejadian 4:25, Set, pengganti Habel, seorang yang mencari Tuhan. Saat kita melayani dan menyembah Tuhan, saat itu Christ’s likeness ada pada diri kita, kita diperanakkan serupa dengan Kristus menurut gambar dan rupa-Nya. Tuhan menyebut nama Set ketika Dia memaparkan silsilah keturunan Abraham, namun Tuhan tidak mengindahkan Kain. When you remember God, He will remember you. When you seek God’s presence, blessings will also go to your descendants.” Berkat Tuhan dapat terus mengalir dalam kita meskipun sudah ribuan tahun. Semua kesaksian diceritakan dari generasi ke generasi oleh orang-orang yang menyukakan hati Tuhan. Saat kita bisa mengenal dan hidup didalam Tuhan, hal itu merupakan pekerjaan Tuhan. Dia telah memulai hal yang baik dan akan terus melakukannya, kehidupan kita akan mulai mengubah keluarga dan lingkungan dimana kita berada. Tuhan akan meneruskan karya-Nya yang luar biasa dalam hidup kita, karena itu jangan pernah lari dari Tuhan. Jesus’ Kingdom has no boundaries, every nations worship the same God. Seorang raja didunia hanya menguasai negaranya saja, ketika raja tersebut meninggal, maka kepemimpinannya selesai dan digantikan orang lainnya, tapi tidak dengan Kerajaan Tuhan. When He speaks, there’s no endChoose God, Love God, Serve GodSekalipun kita adalah seorang yang pandai dan memiliki bisnis yang baik, namun jika kita keluar dari hadirat Tuhan, maka semuanya itu akan habis oleh air bah. Namun, jika kita takut akan Tuhan dan senantiasa mengingat Dia, maka kita hidup dalam iman, berkat Tuhan akan turun, tak hanya bagi kita saja, melainkan juga bagi generasi keturunan-keturunan kita berikutnya. Seribu tahun hanyalah satu hari bagi Tuhan ketika Dia hendak memberkati kita. Ingatlah Tuhan, berlakulah setia, tetaplah tinggal dalam hadirat Tuhan dan terus layani Dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s