Semua Karena Anugerah-Nya (Galatia 2)

ps.Philip Mantofa

ps.Philip Mantofa

ps.Philip Mantofa

(Galatia 2:1) Janganlah kita memperdebatkan layak tidaknya sesuatu. Paulus, Barnabas, dan Titus diubahkan, diurapi, dan dipakai Tuhan. (Galatia 2:2-3) Prinsip orang yang hidup dalam kasih karunia Tuhan adalah hidup berdasarkan pernyataan Allah. Kasih karunia diberikan ketika Tuhan berbicara pada kita. Latihlah telinga rohani kita untuk peka dengan suara Tuhan. Jangan pernah takut salah didalam Tuhan, selama kita mengenal Firman Tuhan, memiliki hubungan yang sehat dengan Tuhan, maka Dia akan menuntun hidup kita untuk menemukan kasih karunia-Nya. Kasih karunia Allah adalah pemberian Tuhan yang tidak layak kita terima. Sebagian besar berkat Tuhan merupakan inisiatif Tuhan, bukan karena usaha kita. Belajarlah membangun iman percaya pada Tuhan, bukan percaya karena kita mampu melakukannya. Semakin banyak kita mendengar suara Tuhan, semakin sering kita akan menemukan kasih karunia-Nya. Terobosan tidak terjadi dalam hidup kita, karena kita terlalu fokus menumbuhkan diri kita dan fokus dengan apa yang kita bisa lakukan, bukan fokus pada apa yang Tuhan dapat lakukan. Pernyataan Tuhan akan mempengaruhi penyertaan Tuhan. Program hanya akan menguras energi kita. Bekerja dan lakukan setiap aspek hidup kita berdasarkan pernyataan Tuhan. Pelipatgandaan terjadi bukan karena jerih payah kita, tapi karena kita menanti-nantikan Tuhan. Kedewasaan rohani dan pelipatgandaan tidak akan terjadi tanpa kita menanti-nantikan Tuhan. (Galatia 2:3-5) Tantang tradisi yang mengajarkan segala hal yang tidak baik. Berhati-hatilah dengan perkataan yang melemahkan. Hormatilah orangtua di sekitar kita, namun jangan contoh hidup yang tidak baik dari orangtua tersebut, sebab mereka tidak tau apa yang akan terjadi pada masa tuanya. Berhati-hatilah dengan saudara-saudara palsu yang mengajarkan teologia atau perkataan yang melemahkan kepercayaan kita pada Tuhan.

(Galatia 2:6-8) Paulus adalah rasul yang tidak diperhitungkan, sebab ia tidak termasuk dalam golongan dua belas rasul, termasuk Matias yang menggantikan Yudas Iskariot. Tuhan bisa memakai siapa saja. Paulus tidak percaya ada orang yang khusus dipakai Tuhan. Pandanglah segala hal yang menjadi janji Tuhan dalam hidup kita. Inilah iman yang sehat, jika Tuhan bisa memakai orang lain, maka kita juga bisa dipakai-Nya. (Galatia 2:9-10) Dalam setiap proyek keselamatan yang kita kerjakan itu sama persis satu dengan lainnya, yang membedakan adalah bagaimana kita memberi diri kita untuk melayani dengan baik. Kasih karunia itu gratis. Saat kita melakukan bagian kita dan bertumbuh dalam kasih karunia, nilai kita akan naik dan ada pihak lain yang akan memilih dan ‘membayar’ kita. (Galatia 2:11-14) Musuh terbesar kasih karunia itu bukan dosa, melainkan kemunafikan. Akar kemunafikan adalah takut akan orang. Takut akan manusia merampas segala yang Tuhan akan berikan dalam hidup kita. Jika kita ingin dipromosi Tuhan, belajarlah tulus kepada-Nya. (Galatia 2:15-19) Kasih karunia membuat kita tidak mudah jatuh kedalam dosa.

Konsep the great exchange (pertukaran yang besar), keselamatan kita murni hanya karena kita percaya Tuhan, bukan karena kita telah berhenti berbuat dosa. Cara kasih karunia bekerja sejak pertama kali kita menerima kasih karunia adalah hidup kita langsung dibenarkan Allah. Secara teori, saat Yesus disalib, Dia menjadi dosa (bukan berbuat dosa), dan hidup kita menjadi benar. Konsep marriage of the Lamb (pernikahan Anak Domba), saat kita menerima Tuhan, saat itu pula kita menjadi mempelai Kristus. Seiring berjalannya waktu, hidup dan karakter kita diproses dan disempurnakan. Semua proses pembentukan karakter itu kita alami karena Tuhan mengasihi kita. (Galatia 2:20-21) Saat kita menerima Tuhan, hidup kita diperbaharui. Saat kasih karunia menerpa hidup kita, hidup kita menjadi terang, dipenuhi kasih dan damai sejahtera, itulah hidup kita yang baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s