The Third Pentacost

pdm.Janto Simkoputera

Tuhan selalu memberitahu apa yang akan Dia lakukan di bumi pada para hamba-Nya. Dia mengutus Yesus pada dunia, tiap orang yang menerima Yesus akan diselamatkan dan menerima hidup kekal. Dalam kehidupan-Nya, Yesus lahir di keluarga Yahudi, lahir dari Maria, Dia hidup selama 33,5 tahun melakukan kehendak Bapa sampai Dia terangkat ke Surga. Janji Tuhan, Yesus akan datang kedua kalinya, ada pengangkatan (rapture) bagi orang-orang yang hidup sesuai standar kekudusan Tuhan. Kita harus hidup benar mengikuti kehendak Tuhan. Di Surga akan ada pujian dan penyembahan, tahta pengadilan Kristus untuk memberi upah bagi orang-orang kudus selama di dunia, pesta perkawinan anak domba (gereja menjadi mempelai Kristus). Di bumi terjadi masa tribulasi (masa aniaya besar yang belum pernah terjadi dimuka bumi selama 3,5 tahun pertama dan 3,5 tahun kedua), kemudian Yesus turun ke bumi bersama orang kudus-Nya untuk berperang melawan antikristus, yaitu peperangan Harmagedon. Masuk dalam kerajaan 1000 tahun damai, iblis diikat selama 1000 tahun damai. Setelah masa 1000 tahun damai, iblis dilepaskan. Masuk tahta putih besar kitab kehidupan semua manusia dibuka untuk menerima pengadilan baik atau jahat yang telah kita lakukan selama dibumi. Berjaga-jaga dan waspada supaya kita tetap melakukan kehendak Tuhan, itulah tugas kita sebagai orang percaya.

Tahun 2013, tahun pencurahan Roh Kudus. Ada empat hal yang akan terjadi melalui pencurahan Roh Kudus bagi tiap orang percaya, diantaranya: tahun pemulihan seutuhnya (pemulihan keluarga, kesehatan, ekonomi, pekerjaan), tahun peperangan rohani, tahun mujizat yang kreatif masih ada, tahun penuaian satu milyar jiwa. “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8) Kronologi terjadinya pencurahan Roh Kudus (Pentakosta) sebagai berikut: Pencurahan Roh Kudus pertama terjadi di upper room sepuluh hari setelah Yesus naik ke Surga, dampaknya 70% penduduk dunia menjadi orang Kristen; pencurahan Roh Kudus kedua terjadi di Azusa Street tahun 1906, dampaknya 21% penduduk dunia menjadi orang Kristen; pencurahan Roh Kudus ketiga terjadi tahun 2009 hingga sekarang, dampaknya penuaian satu milyar jiwa. Kita harus mempersiapkan diri kita untuk mengalami pengangkatan dengan karakter Kristen yang dewasa, yang siap menjadi mempelai Kristus. Karenanya, baca Firman Tuhan, renungkan, lakukan. Apa yang harus kita lakukan selama menunggu kedatangan-Nya untuk kedua kalinya?

  1. Bertekun dengan sehati dalam doa (unity prayer)“Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.” (Kisah Para Rasul 1:14) Para murid harus bertekun dan melakukan perintah Tuhan, karena itu kita harus melatih dan menguasai tubuh kita. “Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.” (1 Korintus 9:27).
  2. Yudas diganti Matias (Kisah Para Rasul 1:23-26). Yudas melambangkan orang yang cinta uang. Hari-hari ini, semua orang yang tidak benar dalam hal keuangan dihadapan Tuhan, akan disingkapkan. “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.” (1 Timotius 6:10).

Masa Pentakosta ketiga ini, kita harus mempersiapkan diri kita untuk menerima kuasa Roh Kudus, sehingga kita dimampukan senantiasa untuk mengerti dan melakukan kehendak Bapa. Percayalah, kita akan mengalami pengangkatan (rapture) dan Surga adalah bagian kita, sehingga kita akan menerima yang terbaik dari Tuhan, bahkan kita menjadi pribadi yang dewasa, yang siap untuk menjadi mempelai Kristus.

2 thoughts on “The Third Pentacost

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s