Karya Roh Kudus

ps.David Tjakra Wisaksana

Entering the next level berbicara mengenai bagaimana kita mencapai suatu bentuk kepenuhan Allah. Untuk mencapai entering the next level, diperlukan karya Roh Kudus. Hari-hari ini Roh Kudus sedang berkarya dan bekerja secara dahsyat melalui mujizat-mujizat Tuhan. Kegerakan Pentakosta ketiga adalah pencurahan Roh Kudus yang luar biasa diakhir zaman, dan Tuhan akan memakai tiga generasi, anak-anak, pemuda, dan orangtua. Roh Kudus adalah pribadi Allah sendiri. Jauh sebelum Roh Kudus dicurahkan, hal ini sudah dinubuatkan para nabi, seperti dalam Yesaya 32:15, “Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.” Roh Kudus sanggup mengubahkan padang gurun menjadi kebun buah-buahan, Padang gurun dapat diartikan sebagai masalah-masalah, persoalan-persoalan yang terjadi yang kita alami dalam kehidupan ini. Bersama Roh Kudus, kita sanggup melewati padang gurun (masalah), yaitu sakit penyakit, masalah keuangan, masalah masa depan, masalah hubungan, dan sebagainya. Hormati dan hargai Roh Kudus untuk senantiasa berkarya dalam setiap hidup kita. Roh Kudus tinggal dan berkarya dalam kehidupan setiap orang percaya, supaya kita siap menjadi alat Tuhan, yaitu sebagai saksi Kristus, baik di Yerusalem, Yudea, Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi (Kisah Para Rasul 1:8).

Karya Roh Kudus dalam hidup kita menjadikan kita serupa dan segambar dengan Anak-Nya, yaitu Yesus Kristus. “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.” (Roma 8: 29) Pilihan Allah adalah status kita, sehingga iblis berusaha menjatuhkan, menghancurkan, dan mengagalkan rencana Allah. Iblis selalu mencari kesempatan dan waktu yang baik supaya kita jatuh dan gagal (Lukas 4:13-14), tapi percayalah, Tuhan telah memberi kita kuasa Roh Kudus yang sanggup memberikan hidup kita kemenangan demi kemenangan. Percayalah bahwa kita adalah bagian dari rencana Allah, dan rencana-Nya pasti digenapi (Efesus 1:13-14). Roh Kudus menjadi jaminan bagi hidup kita sampai kita memperoleh seluruh janji Tuhan. Setiap manusia harus melewati proses, yaitu tekanan-tekanan yang muncul dalam hidup kita. Roh Kudus sanggup memberi kita kekuatan untuk melewati proses demi proses yang kita alami. Proses adalah alat pijakan kita untuk naik ke level berikutnya (the next level)Ada dua hal yang akan Roh Kudus kerjakan dalam kehidupan kita, diantaranya:

Menyadarkan kita akan dosa (Yohanes 16:7-8; 2 Tesalonika 2:12; Matius 24:12). Saat Roh Kudus diutus pada kita, tujuan Tuhan supaya Roh Kudus menyadarkan kita akan dosa, yaitu dosa ketidakpercayaan akan Tuhan, inilah dosa yang paling besar. Pada akhir zaman, banyak gereja yang berjalan tanpa iman, karena mereka selalu mencari sesuatu yang kelihatan, jadi betapa berbahayanya kekristenan akhir zaman, karena tidak lagi mengandalkan iman (2 Tesalonika 2:11-12). Menjadi saksi-saksi Kristus (Kisah Para Rasul 1:28). Menjadi saksi adalah suatu keharusan bagi kita sebagai orang percaya pada Yesus Kristus. Ketika kita menjadi saksi, ada kuasa yang bekerja yaitu kuasa Roh Kudus. Jangan takut dan gentar, percayalah pada Tuhan dengan segenap hatimu. Kita perlu kuasa Roh Kudus, karena Roh Kudus akan memberikan perlindungan yang dashyat pada kita, membuat kita menjadi pemenang dari segala intimidasi iblis. Jalinlah hubungan yang intim dengan Roh Kudus, karena Roh Kudus yang akan memberikan jaminan dan kepastian bagi hidup kita. Berjalanlah dan berkaryalah bersama Roh Kudus, maka kita akan melihat kemuliaan demi kemuliaan Tuhan dinyatakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s