Menang Atas Pencobaan

ps.Hengky So

Matius 4:1-11 memaparkan kebenaran pada kita, bagaimana Tuhan mengalami pencobaan iblis di padang gurun setelah Dia berpuasa selama 40 hari 40 malam. Ada tiga pencobaan yang dialami Tuhan, diantaranya:

Pencobaan pertama (Matius 4:3-4). Tuhan mengajar kita bahwa Firman Tuhan lebih penting dari apapun juga yang ada didalam kehidupan ini. Hidup kita harus dikendalikan oleh Firman, bukan dikendalikan oleh pemuasan kebutuhan hidup. Ketika Firman Tuhan yang mengendalikan hidup kita, maka fokus hidup kita adalah pada Firman dan Firman Tuhan akan menjadi tujuan hidup kita. Ketika Firman Tuhan yang mengendalikan hidup kita, maka kebutuhan hidup kita akan dicukupkan Tuhan. Jadi, jangan sampai hidup kita dikendalikan oleh uang, kesibukan, bisnis, dan sebagainya. Pencobaan kedua (Matius 4:5-7). Iblis membawa Tuhan ke bumbungan Bait Allah, suatu tempat tertinggi dalam Bait Allah, ia menyuruh Tuhan terjun dari tempat tersebut, namun Tuhan tidak melakukannya, karena Dia memiliki keyakinan yang teguh akan Firman Tuhan. Kita harus memiliki keyakinan yang kokoh terhadap janji Tuhan, jangan ragu dan bimbang akan Firman Tuhan. Pencobaan ketiga (Matius 4:8-10). Iblis membawa Tuhan ke atas gunung yang sangat tinggi, diperkirakan tempatnya adalah gunung Nebo (Pisga), karena dari tempat itu dapat dilihat seluruh daerah Israel. Iblis selalu menawarkan segala kemudahan bagi kita, tapi iblis selalu mempunyai syarat ketika membuat perjanjian dengan kita. Tuhan menolak tawaran iblis, Dia tetap setia dengan misi-Nya, yaitu jalan Salib, jalan yang panjang, jalan yang penuh sengsara. Tuhan menyelesaikan tugas-Nya, karena itu ada kemuliaan yang Dia terima. Tanpa Salib, tidak ada kemuliaan. Jangan malu ketika kita sedang berada dalam jalan Salib yang panjang dan penuh dengan penderitaan. Jangan takut memikul Salib, karena dibalik jalan Salib, ada kemenangan, kehormatan, dan kemuliaan.

Ada tiga kunci untuk kita menang atas pencobaan, diantaranya: Sadarilah bahwa iblis adalah musuh kita (1 Petrus 5:8). Jangan berteman dengan iblis, karena ia adalah musuh kita. Tapi kita pun jangan minder dan takut dengan iblis, karena Tuhan sudah memberikan kuasa dan kekuatan pada kita untuk menang terhadap iblis. Firman Tuhan adalah senjata untuk menang terhadap pencobaan. Firman Tuhan adalah senjata, karena itu kita harus membaca Firman Tuhan. Kita harus tetap setia dan taat ketika pencobaan datang. Untuk kita menang atas pencobaan, kita harus taat dan setia pada Firman Tuhan. Tuhan tetap setia dan taat pada Firman Tuhan, meskipun mengalami tiga kali pencobaan yang datang dari iblis. Ketika kita mengalami pencobaan hidup, mengucap syukurlah pada Tuhan, karena Dia akan senantiasa memberi kita kuasa dan kekuatan untuk tampil sebagai pemenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s