Just Like Jesus

ps.Danny Tumiwa

Dalam 1 Yohanes 2:6, “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.” Tahun 2013 adalah tahun pemulihan seutuhnya (entering the next level). Dipulihkan seutuhnya berarti menjadi serupa dengan Tuhan, hal ini adalah suatu keharusan, bukan pilihan, jika tidak dilakukan akan ada sanksinya. Yosua 5:1, “Ketika semua raja orang Amori di sebelah barat sungai Yordan dan semua raja orang Kanaan di tepi laut mendengar, bahwa Tuhan telah mengeringkan air sungai Yordan di depan orang Israel, sampai mereka dapat menyeberang, tawarlah hati mereka dan hilanglah semangat mereka menghadapi orang Israel itu.” Iblis akan tawar hati dan lemah ketika melihat kita serupa dengan Kristus. Supaya kita dapat hidup serupa dengan Tuhan, kita harus mengalami pemulihan seutuhnya, kita yang tidak utuh dibuat menjadi utuh, kita yang tidak seperti Kristus diubah menjadi seperti Kristus. Just like Jesus. Kita harus naik ke level yang semakin dekat dengan hadirat Tuhan. Tuhan memberikan standar yang tinggi bagi kita untuk masuk kedalam Surga, karena kita ditentukan bukan saja untuk tinggal di Surga, tapi juga untuk memerintah bersama Tuhan dalam Kerajaan Seribu Tahun. Tidak semua orang Kristen dapat masuk kedalam Kerajaan Surga. Untuk menjadi seperti Kristus, kita harus mengalami proses seperti yang tertulis dalam Roma 8:28-30, diantaranya:

  1. Dipilih dan ditentukan dari semula (Roma 8:29). Kita adalah orang pilihan Tuhan, maka kita harus berhasil menjadi serupa dengan Kristus, tidak boleh gagal, karena jika Tuhan yang memilih maka tidak mungkin gagal, kecuali kita yang menggagalkannya. Kita dipilih menjadi alat Kerajaan Tuhan untuk diberkati (super abundantly – Efesus 3:20-21). Jika kita diberkati Tuhan berlimpah-limpah, kita juga harus memberkati orang lain dan memperhatikan orang-orang miskin (Galatia 6:9-10). Jangan cinta uang! Menjadi kaya tidaklah salah, tapi jika kita ingin menjadi kaya karena cinta uang, maka hal tersebut bukanlah kehendak Tuhan. Menjadi serupa dengan Kristus berbicara tentang berbuat baik pada semua orang (termasuk pada mereka yang membenci kita), tapi terutama pada saudara-saudara seiman (karena banyak saudara seiman yang kurang memperhatikan satu dengan yang lain). Mengasihi orang lain berarti memberi yang terbaik bagi orang lain, seperti memberi yang terbaik pada Tuhan, karena Tuhan juga telah memberkati kita berlimpah-limpah. Tahun 2013 kita diberkati berlimpah-limpah, tapi kitapun diminta untuk sungguh-sungguh menjadi berkat bagi banyak orang.
  2. Dipanggil (Roma 8:30). Tak peduli pada usia berapa kita mendengar panggilan Tuhan, yang terpenting kita harus memperbaharui komitmen kita kepada Tuhan ditahun ini, seperti ketika kita lahir baru (memiliki cinta mula-mula pada Tuhan).
  3. Dibenarkan (Roma 8:30). Tak seorangpun memiliki masa lalu yang sempurna dan selalu benar, karenanya jangan sombong. Berbahagialah karena kita telah dibenarkan oleh Tuhan, maka kita harus mengetahui kehendak Bapa di Surga dan melakukannya dengan taat, setia, serta rela berkorban demi menyenangkan-Nya. Rajinlah membaca Firman Tuhan supaya kita mengerti kebenaran dan berdoalah setiap saat. Jika bukan kehendak Bapa, jangan main-main, sekalipun itu pelayanan, karena hal itu dianggap sebagai kejahatan (Matius 25). Dalam Matius 7:21, “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.” Jika kita berdosa lagi, jujurlah pada Tuhan, segera minta ampun kepada-Nya, dan bangkitlah kembali. “Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.” (Mazmur 37:23-24)
  4. Dimuliakan (Roma 8:30). Dimuliakan berarti diproses habis-habisan, sehingga kita menjadi serupa dengan Kristus, kita didapati murni dan tak bercacat cela saat kedatangan Tuhan yang kedua kalinya. Tanda bahwa kita mau diproses menjadi serupa dengan Kristus, yaitu “Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kita pun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita.” (1 Yohanes 3:16)

“Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.” (1 Yohanes 3:3) Suci berarti tidak melakukan, berpikir, dan berkata sesuatu diluar kehendak Bapa, yang tidak memuliakan nama-Nya. Ada dua hal yang kelihatannya tidak mungkin dilakukan manusia, yaitu menjadi suci dan menjadi sempurna, tapi Tuhan tidak memerintahkan kita untuk melakukan lebih dari yang bisa kita lakukan. Karena itu, bersemangatlah untuk menjadi serupa dengan Kristus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s