Not a Fan, am I Commited Follower?

ps.Andy Tjokro

2013 is the year of contrast, dimana Tuhan sedang membuat perbedaan yang signifikan antara kegelapan dan terang (Yesaya 30). Angka 13 boleh dianggap sebagai kesialan bagi dunia, namun tahun 2013 adalah tahun pemulihan yang seutuhnya bagi Gereja Tuhan. Pemulihan yang seutuhnya berarti berserah seutuhnya. Janganlah kita menjadi suam suam kuku, karena dalam Wahyu 3:16 dikatakan, “Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.” Biarlah di tahun pemulihan yang seutuhnya ini, lentera kita senantiasa penuh dengan minyak, kita hidup berjalan dengan iman, dan jangan mengukur berkat kekayaan dari banyaknya uang yang kita miliki (Markus 10:21-22). Kita harus membayar harga dan memikul salib, ada proses kehidupan yang harus kita lalui.

I am not a fan, i am commited follower. Janganlah kita menjadi penggemar (fan), tapi jadilah pengikut Tuhan yang setia (commited follower). Kata ‘fan’ berbicara mengenai suatu keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang menggemari sesuatu atau seseorang yang dilihatnya baik, tapi ketika yang dilihatnya berubah menjadi kurang baik, maka kelompok penggemar akan mencari gantinya, sesuatu atau seseorang yang lebih baik daripada yang mereka lihat sebelumnya. Kelompok penggemar tidak dapat dikatakan sebagai pengikut yang setia. Contoh: ketika Tuhan melakukan mujizat lima roti dan dua ikan, Dia hanya melakukan mujizat ditengah lima ribu orang selama satu hari saja, karena jika Tuhan melakukan lebih dari satu hari, maka dapat dipastikan jumlah orang yang hadir meningkat beberapa kali lipat untuk mendengarkan Tuhan berfirman dan melakukan mujizat. Namun, ketika di Taman Getsemani, jumlah orang yang mengikut Tuhan tersisa tiga orang dan itupun tertidur, hingga dua orang wanita yang berada di sisi Tuhan di Bukit Golgota. Banyak dari kita berbondong-bondong menjadi penggemar Tuhan karena ingin menerima mujizat dan berkat-Nya, tapi sedikit diantara kita yang menjadi pengikut Tuhan yang setia.

Sesuai dengan tuntunan Gembala Pembina, kita akan memasuki tahun peperangan rohani yang dashyat. Banyak dari kita lebih tertarik ketika Firman Tuhan berbicara mengenai berkat, tapi ketika berbicara mengenai peperangan rohani, beberapa dari kita menganggap bahwa hal tersebut bukanlah menjadi bagiannya. Saat kita masih berdoa dalam nama Tuhan Yesus, berarti kita telah mengibarkan bendera peperangan rohani dengan iblis, musuh kita. Ketika kita menerima Tuhan sebagai Juruselamat, kita sedang memegang tiket menuju Surga (jaminan keselamatan), tapi saat kedatangan Tuhan kedua kalinya tiba, apakah kita tetap menjaga tiket jaminan keselamatan itu atau tidak? Banyak yang dipanggil, tapi sedikit yang dipilih, bahkan semakin sedikit yang setia. Kita adalah produk mujizat. Mari alami perjumpaan pribadi dengan Tuhan, jangan sekedar mengcopy pengalaman dan doa orang lain. Kita adalah ciptaan yang baru oleh darah Anak Domba. Untuk menjadi seorang penyembah yang benar, kita harus menanggalkan segala kesombongan kita. Kata ‘proskuneo’ (worship), digambarkan sebagai rupa seekor anjing yang tetap setia berada dibawah kaki tuannya. Dimuliakan berarti diproses habis-habisan. Ubahlah doa kita kepada Tuhan, bukan untuk mengangkat proses dalam kehidupan kita, tapi kiranya kita berdoa supaya Tuhan memperpanjang kesetiaan kita pada-Nya ditengah proses dan Dia semakin memperbesar iman kita. Di tahun pemulihan yang seutuhnya, jangan takut dengan proses. Biarlah dalam keadaan yang semakin menanjak dan sulit ini, akan membawa kita naik kelevel berikutnya (entering the next level). Upgrade diri kita, karena semakin berat proses yang kita alami, jika kita mampu melaluinya, akan semakin mendekatkan kita pada garis akhir. Petrus pada awalnya pernah menjadi fan Tuhan, ia menyangkal Tuhan tiga kali, namun pada akhirnya ia menjadi pengikut Tuhan yang setia, ia memilih mati disalib dalam keadaan terbalik. Berbeda dengan Yudas, pada awalnya merupakan pengikut Tuhan, namun pada akhirnya ia mati bunuh diri setelah mengkhianati Tuhan. Follow Jesus or unfollow? Jesus is your die hard fans.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s