Menang Dalam Pertandingan

ps.Samuel Irwan Santoso

“Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga.” (2 Timotius 2:5) Hidup dalam pemulihan bukan sekedar berbicara mengenai pemulihan jasmani, tapi yang terpenting adalah pemulihan batiniah. Saat kita dipulihkan secara batiniah, maka otomatis pemulihan jasmani akan kita alami. Sebagai orang Kristen, kita diperhadapkan dengan pertandingan dan dituntut untuk menang dan berhasil dalam pertandingan. Bagaimana cara kita menang dalam pertandingan?

  1. Mempunyai mental juara. Mental juara harus ada terlebih dulu dalam diri seorang juara, suatu mental yang kuat, teguh, kokoh menghadapi pertandingan, bukan mental pecundang. Hasil akhir sebuah pertandingan merupakan mahkota yang diberikan jika kita tampil sebagai juara dan taat terhadap aturan pertandingan. Segala permasalahan didunia ini, dipakai Tuhan sebagai sarana sebuah pertandingan. Kita dihadapkan pada masalah didunia ini, mulailah bertanding, taati peraturan Firman Tuhan, dan menangkanlah pertandingan sesuai Firman Tuhan untuk menjadi juara.
  2. Mengikuti aturan Tuhan. Setiap aturan harus ditaati. Jangan membuat aturan semau kita sendiri. Setiap pertandingan yang kita hadapi, akan ada masalah yang menguji kita. Kita harus bertahan, tidak boleh marah, bersungut-sungut, kecewa, putus asa. Ayub diproses Tuhan, dihadapkan dengan masalah, dan harus bertanding didalamnya. Meskipun berat dan menyakitkan, penuh dengan air mata dan pengorbanan, tapi Ayub harus tetap bertanding dan memenangkan pertandingan itu. Hasil akhirnya, Ayub memenangkan pertandingan dan menerima berkat dua kali lipat dalam hidupnya. Segala masalah hidup membuat hati kita makin lembut. Bawa segala masalah itu dalam hadirat Tuhan. Dalam hadirat-Nya, semua keangkuhan kita akan hilang. Hadirat Tuhan adalah simbol kehadiran Tuhan. Ketika Tuhan hadir, maka pemulihan dan kemenangan itu pasti terjadi.
  3. Berserah tanpa berbantah. Tuhan menginginkan kita hidup dalam kekudusan, bukan mengikuti dan menyenangkan daging kita. Kita harus memenangkan pertandingan dengan tidak berbantah-bantahan dan menyalahkan keadaan apapun yang terjadi, tetaplah mengucap syukur. Ketika kita tetap setia mengikuti aturan main Tuhan, kita tidak berbantah-bantahan dengan Tuhan. Tetap jaga kekudusan dan berserah pada-Nya sekalipun kita kesakitan. Kiranya kita menang dalam tiap pertandingan dengan mengikuti aturan yang diberikan pada kita, dan percayalah Tuhan tidak pernah meninggalkan dan membiarkan kita menanggungnya sendiri. Dia berjanji selalu menyertai kita selama-lamanya dan menjadikan kita lebih dari pemenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s