Kasih dan Perkenanan Raja

brt3_1ps.Philip Mantofa

Dalam Ester 7:1, “Datanglah raja dengan Haman untuk dijamu oleh Ester, sang ratu.” Haman tidak mengetahui bahwa maut menantinya. Saat kita berkenan pada Raja, maka setiap kuasa dan rancangan musuh atas kita akan Tuhan jadikan perangkap balik bagi musuh kita. Inti kitab Ester, bagaimana kita menyenangkan hati Raja. Saat kita bisa memenangkan hati Raja, kita akan memiliki yang terbaik yang Raja miliki. Jika kita tau bagaimana memikat hati Raja, kita akan tercengang melihat setiap yang Allah miliki. Kunci memikat hati Allah berbicara mengenai kerinduan hati kita untuk hanya menyenangkan hati-Nya. Istri yang baik, tau dan mengenal suaminya, tau dan mengenal kapan ia meminta pada suaminya. Ester baru membuka mulut pada pertemuan ketiga dengan raja, karena Ester tau bahwa raja berkenan dan sudah lembut hatinya karena kebaikannya, sehingga apapun yang Ester minta saat ini akan dikabulkan raja. Allah mengasihi semua orang, tapi ada orang-orang tertentu yang mendapat perkenanan dan mendapat kesukaan hati-Nya. Sekalipun Ester telah memperoleh perkenanan hati raja, ia tidak langsung mengungkapkan permintaannya. Ketika meminta pada raja, Ester meminta dalam kasih, sehingga ia pun beroleh kasih raja. Ester hanya fokus menyenangkan hati raja. Sikap hati seperti inilah yang membuat Ester mendapat kasih dan perkenanan raja. Jangan jadi orang ‘gampangan’ dihadapan Allah.

Jika kita mudah menggunakan perkenanan orang lain, maka saat kita benar-benar membutuhkannya, maka perkenanan itu sudah tidak ada lagi. Perkenanan yang kita minta, tergantung sedekat apa kita dengan orang yang kita mintai tolong. Seringkali kita bersikap kurang ajar pada Allah, karena kita meminta segalanya pada Dia tanpa memikirkan seberapa dekat kita dengan-Nya. Bangunlah keintiman dengan Dia. Jika kita menghargai sesuatu atau seseorang dalam hidup kita, maka kita akan benar-benar menghargainya. Perkenanan dan kasih karunia adalah ketika kita meminta sesuatu, kita menerima lebih dari yang kita minta. Perkenanan dan kasih karunia Tuhan terkadang tidak rasional dalam hidup kita. Tuhan memberikan diri-Nya dikendalikan oleh kasih umat-Nya, tapi ketika Tuhan keluar kendali, Dia akan memberikan kasih karunia-Nya lebih dari segala yang bisa kita pikir dan bayangkan. Pembentukan Allah dalam hidup kita memang panjang dan tidak mengenakkan, namun pembelaan Allah akan datang dalam hidup kita seketika. Dalam Yakobus 4:4, “Hai kamu, orang- orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.” Hidup kudus itu mengandung kuasa. Hidup kudus berarti membayar harga dimuka dan menikmati hasilnya dibelakang. Dosa berarti menikmati dahulu dan membayar harga dikemudian hari. Kekudusan adalah berkat Tuhan untuk memberikan sesuatu yang indah dalam hidup kita, bukan untuk menghancurkan hidup kita.

Yang mengikuti kasih adalah pengaruh. Saat gereja memiliki kasih Tuhan, maka gereja memiliki pengaruh untuk mempengaruhi seluruh yang ada di dunia. Kunci Kerajaan Surga bukanlah doa, melainkan hati Raja. Kunci Kerajaan Surga bukanlah peperangan rohani. Jika gereja Tuhan mengerti bagaimana bertumbuh dalam mengasihi Tuhan, mereka akan mengalami multiplikasi tanpa batas. Haman terkejut mengetahui betapa dekat hubungan raja dan Ester, melebihi tiap hukum dan undang-undang yang ada. Hubungan kedekatan dan keintiman kita dengan Tuhan, melebihi hukum taurat manapun. Dalam menolong hidup kita, Tuhan bisa memakai sesuatu yang sifatnya kebetulan. Harbona, tidak pernah disebut pada awal Kitab Ester. Harbona adalah figuran yang dipilih Allah untuk menjadi jalan Tuhan, supaya kehidupan musuh Ester dikalahkan. Ketika kita berada diatas, jangan kasar pada siapapun, karena kita tidak tau bahwa Harbona bisa menusuk kita dari belakang. Tuhan bisa mengirimkan Harbona untuk memberkati dan mengangkat hidup kita. Kita tidak pernah tau bagaimana musuh kita dikalahkan Allah dan bagaimana hidup kita diangkat Allah. Orang yang hidup intim dan berkenan pada Tuhan selalu mengalami perkara-perkara ajaib yang tak terduga dalam mengalami berkat-berkat Allah.

Seri Pengajaran Kitab Ester, Pasal 7, 10 Februari 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s