Self Image

pdm.Ade Surya Tarigan

Image adalah sesuatu yang sangat penting. Dalam Kejadian 3:2-5, “Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati. Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.” Cara iblis untuk menghancurkan hubungan manusia dengan Tuhan adalah dengan menghancurkan image Tuhan dimata manusia. Dalam kitab Kejadian di atas, iblis sedang membangun image yang buruk tentang Tuhan. Iblis berusaha meyakinkan manusia bahwa Tuhan berbohong pada mereka. Dosa menjadikan hubungan manusia dengan Tuhan menjadi rusak. Yohanes 14:8-9 menuliskan, “Kata Filipus kepada-Nya: Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami. Kata Yesus kepadanya: Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.” Ayat tersebut menceritakan bagaimana Yesus selama hidup dan berkarya di dunia ini, berusaha membangun image positif mengenai Tuhan bagi manusia. Image baik Tuhan sudah dirusak iblis dan menjadikan hubungan manusia dengan Tuhan pun menjadi rusak. Image yang buruk dapat menghancurkan kehidupan kita, tapi image yang buruk masih bisa dipulihkan. Bagaimana cara kita sebagai orang Kristen memulihkan image yang buruk?

  1. Minta kepada Tuhan. Kita tidak akan pernah mampu, jika kita hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri. Minta kepada Tuhan agar gambar diri kita dipulihkan dan dibenarkan sesuai dengan gambar Tuhan pada awal penciptaan.
  2. Memaafkan orang yang membuat image kita jelek. Tidak mudah untuk kita mengampuni orang yang telah melakukan hal buruk kepada kita, apalagi sampai menghancurkan kehidupan kita. Tapi Yesus sendiri mengajarkan pada kita, bahwa kita harus mengampuni orang yang bersalah kepada kita, sebagaimana Bapa mengampuni segala dosa dan pelanggaran kita.

Ciri-ciri manusia yang telah dipulihkan gambar dirinya, diantaranya:

  1. Menemukan tujuan hidupnya. Setiap kita diciptakan bukan tanpa alasan. Firman Tuhan dengan jelas mengatakan, bahwa sebelum dunia diciptakan, kita telah dipilih oleh Tuhan dan masa depan indah telah Tuhan rencanakan bagi hidup kita.
  2. Menemukan kekuatan yang Tuhan taruh atas kita. Seringkali kita mengandalkan kekuatan kita sendiri, karena kita merasa bahwa kita mampu, namun sesering itu pula kita menemukan kegagalan. Senantiasa andalkan Tuhan dalam setiap persoalan hidup kita, maka kekuatan yang baru akan kita dapatkan.
  3. Menemukan kapasitas atau kemampuan diri kita. Dari awal kita diciptakan, Tuhan sudah menaruh minimal satu potensi untuk kita kembangkan. Gali potensi kita senantiasa, sehingga kita akan mengenal kemampuan dan dapat mengembangkan gambar diri kita sesuai dengan rencana Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s