Entering the Next Level

pdm.Minarto Jonathan

“Pada hari-hari yang akan datang, Yakub akan berakar, Israel akan berkembang dan bertunas dan memenuhi muka bumi dengan hasilnya.” (Yesaya 27:6)

Angka 13 yang dianggap kesialan bagi dunia, sesungguhnya merupakan angka kemenangan bagi orang Kristen. Tahun 2013 adalah tahun pemulihan yang seutuhnya. Tuhan menghendaki kehidupan kita setiap tahunnya mengalami peningkatan. Entering the next level selalu dimulai dari peningkatan secara rohani. Janganlah fokus utama kita diarahkan pada pemulihan keluarga dan bisnis, tapi fokuskan perhatian kita pada segala hal rohani. Jika rohani kita dipulihkan, maka pemulihan jasmani dan berkat menjadi akibatnya, karena Tuhan tidak menghendaki kita berada pada posisi yang sama. Janji Tuhan seperti tertulis dalam Ulangan 28:13, “Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,” Kasih Tuhan itu tanpa syarat, namun berkat Tuhan ada syaratnya. Untuk naik ke level berikutnya itu tidak terjadi begitu saja, harus ada komitmen dan perjuangan yang harus kita lakukan. Konsep dunia – kadang berada diatas, kadang dibawah seperti roda – tidak berlaku bagi orang Kristen. Meskipun kita mengalami penurunan, kita tetap bisa menikmati berkat Tuhan, karena tujuan hidup kita bukan kebawah, melainkan naik menjadi kepala dan bukan menjadi ekor. Bagaimana kita dapat masuk ke level berikutnya?

  1. Sabar dalam penantian. Dalam Pengkhotbah 3:1, 6, “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang,” Proses apapun yang terjadi didalam kehidupan kita, jangan panik, sekalipun kita berada ditengah penurunan, karena tujuan akhir hidup kita adalah naik keatas. Saat penurunan terjadi, merupakan waktu dimana kita untuk beristirahat. Hidup kita membutuhkan perjuangan. Saat kita berada didalam Tuhan, kita ada dalam perlindungan Tuhan.
  2. Menjadi pribadi yang setia. Ulangan 28:1, “Jika engkau baik-baik mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka Tuhan, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.” Dalam kehidupan ini, Tuhan tidak pernah menjanjikan kehidupan yang tanpa persoalan, namun Dia berjanji untuk memberikan jalan keluar ditengah persoalan. Menjadi pribadi yang setia berarti menjadi orang yang tetap melakukan Firman Tuhan sekalipun berada ditengah masalah dan persoalan. Kita tidak mungkin naik ke level berikutnya jika kita tidak setia dalam perkara-perkara kecil.
  3. Menang atas godaan. Yusuf adalah satu-satunya tokoh Alkitab yang menang atas godaan. Di dunia ini, kita diperhadapkan pada godaan harta, tahta, dan wanita. Jangan sampai materi membuat kita meninggalkan Tuhan. Apapun godaan kita ditahun ini, kita harus tampil sebagai pemenang. Dalam 1 Yohanes 1:9, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” Dosa apapun, jika ada pengakuan dan dibereskan dihadapan Tuhan, maka kita akan diampuni dan disucikan-Nya. Kekudusan tidak bisa diciptakan. Untuk menjadi orang kudus, kita harus berada ditengah-tengah orang yang tidak kudus. Kekudusan hanya didapat melalui pengurapan Roh Kudus atas kehidupan kita. Kita adalah garam dan terang dunia. Jangan sampai kita sebagai terang, kalah didalam kegelapan. Jagalah kekudusan dan menanglah atas godaan untuk dapat naik ke level berikutnya.
  4. Hidup intim dengan Tuhan. Yakobus 4:8a, “Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu.” Kita harus bergaul karib dengan Tuhan 24 jam dengan banyak membaca Firman Tuhan. Sudut pandang horizontal kita akan kelihatan luas, ketika kita berada di atas dan bergaul karib dengan Tuhan. Saat kita naik ke atas bersama dengan Tuhan, maka masalah kehidupan kita akan kelihatan semakin kecil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s