The Work of the Holy Spirit

rev.Kim Sung-hae

Roh Kudus adalah pribadi Allah yang menolong, memimpin, menghibur, menjadi teman yang setia, menuntun kita untuk hidup sejalan dengan kehendak Allah, dan menjadi perantara hubungan kita dengan Allah. Ada tiga karya Roh Kudus, diantaranya:

Be fulfilled with the Holy Spirit (dipenuhi dengan Roh Kudus). Dalam Kisah Para Rasul 2:38, “Jawab Petrus kepada mereka: Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” Yohanes 4:24 menuliskan, “Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.” Kita diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Dengan demikian, jika Allah adalah Roh, maka kita yang serupa dan segambar dengan Allah, diciptakan-Nya menjadi makhluk Roh (Kejadian 2:7, “ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.”). Manusia berbeda dengan binatang. Kita tidak pernah melihat seekor monyet berdoa, mengucap syukur kepada Tuhan ketika ia memperoleh pisang. Mengapa? Karena binatang bukanlah makhluk Roh. Hanya manusia yang diciptakan Allah menjadi makhluk Roh, karena itu hanya manusia yang dapat memuji dan menyembah Allah. Namun karena dosa yang dilakukan Adam dan Hawa, hubungan manusia dengan Allah menjadi rusak, sehingga kehidupan tidak lagi mengalir kepada manusia. Dalam Kisah Para Rasul 2:1-4, “Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.” Hari Pentakosta merupakan hari yang paling penting dalam kehidupan manusia, karena melalui hari tersebut, Roh Kudus dicurahkan, sehingga roh atau kehidupan yang semula hilang, kini dibangkitkan kembali, dosa manusia dihapuskan, dan hubungan manusia dengan Allah dipulihkan. Galatia 5:16 menuliskan, “Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.” Terima dan hiduplah penuh dengan Roh Kudus, dan jadilah ciptaan yang baru.

Be transformed by the Holy Spirit (ditransformasi oleh Roh Kudus). DalamYehezkiel 37:9-10, “Maka firman-Nya kepadaku: “Bernubuatlah kepada nafas hidup itu, bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada nafas hidup itu: Beginilah firman Tuhan Allah: Hai nafas hidup, datanglah dari keempat penjuru angin, dan berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali. Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.” Yehezkiel 37:5, “Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.” Roh Kudus dapat mengubahkan seluruh kehidupan kita – pekerjaan, keluarga, lingkungan kita. Percayalah bahwa Roh kudus dapat bekerja didalam hidup kita. Yakobus 4:6 menuliskan, “Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

Be a witness of the Holy Spirit (menjadi saksi Roh Kudus), seperti tertulis dalam Kisah Para Rasul 1:8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Menjadi saksi Roh Kudus tidak berarti harus dengan menyaksikan perbuatan-perbuatan yang besar. Ketika kita melakukan sesuatu perbuatan kecil pun yang mencerminkan kebesaran Tuhan, maka kita telah menjadi saksi Roh Kudus. Allah berjanji akan memberikan kita Roh Kudus, seperti ditulis dalam Lukas 24:49, “Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.” (Kisah Para Rasul 22:14-15) kita harusnya bangga menjadi saksi Roh Kudus. Jadi saksi Roh Kudus dengan talenta yang kita miliki. Lakukanlah yang terbaik dengan talenta kita, karena melalui hal tersebut, kita dapat menumbuh kembangkan gereja, keluarga, lingkungan disekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s