Entering the Next Level

ps.David Tjakra Wisaksana

Gereja Tuhan harus siap melakukan pekerjaan besar, yaitu penuaian satu milyar jiwa. Karena itu, Tuhan rindu membawa gereja-Nya naik ke level yang lebih tinggi (entering the next level). Tuhan akan membawa kita kepada kepenuhan-Nya (Efesus 3:19-20; 1 Korintus 2:9). Seperti tertulis dalam Yesaya 60:5-7, ada berkat besar yang Tuhan sediakan bagi gereja-Nya di level yang lebih tinggi. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk dapat naik ke level yang lebih tinggi, diantaranya:

  1. Sikap hati kita. Hati berbicara tentang kapasitas, artinya hati kita harus dibebaskan dari segala hal yang mengikat dan menghambat kita untuk menerima rencana Tuhan yang besar (1 Timotius 6:10; Markus 10:30). Untuk naik ke level yang lebih tinggi dan menerima berkat Tuhan yang besar, yaitu keluarga yang dipulihkan dan berkat yang berlimpah, kita harus: (1) berseri-seri, yaitu senantiasa bersukacita, bersyukur, dan tersenyum, apapun yang terjadi didalam kehidupan kita; (2) tercengang; dan (3) berbesar hati (Yesaya 60:5), yaitu lapang dada dan mudah mengampuni.
  2. Unity, artinya menjadi satu dengan Tuhan dan dengan sesama (Yohanes 17:21). Kita harus menjadi satu untuk menggenapi doa dan kerinduan Tuhan. Dengan kesatuan, penuaian satu milyar jiwa akan tergenapi.
  3. Siap meninggalkan comfort zone (zona nyaman). Tuhan mau kita serupa dengan-Nya. Anak burung rajawali ditaruh di tebing yang tinggi pada sarang yang bagus dan diberi makan oleh induknya. Pada saatnya, sang induk akan mencabik-cabik sarangnya, membawa anaknya terbang tinggi, lalu melepaskan dan menangkapnya kembali. Hal itu terus dilakukan induknya berulang-ulang, hingga anak rajawali itu dapat terbang. Sama seperti kita, Tuhan juga akan membawa kita keluar dari tempat yang nyaman (Ibrani 12:6-8). Sempurna itu berarti naik level. Anak muda kaya dalam Matius 19:16-23, tidak bisa mencapai target yang ia rindukan, karena anak muda kaya tersebut tidak berani melepaskan zona nyamannya, yaitu kekayaan yang ia miliki. Padahal, Tuhan telah menyediakan berkat di level yang ia rindukan. Dalam Matius 19:29, Tuhan menjanjikan berkat 100 kali lipat dan akan menerima kehidupan yang kekal. Sebenarnya, anak muda kaya ini tinggal selangkah lagi sudah memasuki level yang sempurna, tapi ia gagal karena tidak berani meninggalkan kenyamanan hidupnya.
  4. Banyak memberi. Untuk kita mematahkan cinta akan uang (1 Timotius 6:18), kita harus membagi berkat kepada orang lain. (Matius 6:33) Prinsip Kerajaan Allah adalah dilipatgandakan. Prioritas kita, mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya.

Di level yang lebih tinggi, seperti dalam Yesaya 60:5, kita akan mengalami keadaan dimana selalu ada sukacita yang membuat wajah kita berseri-seri, tercengang, dan berbesar hati, serta Tuhan akan memberkati kita berlimpah-limpah. Persiapkan diri kita untuk naik ke level yang lebih tinggi dan lihatlah, kemuliaan Tuhan akan terbit atas kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s