Cermin Kerajaan Allah

ps.Mohammad Riza Solihin

Setiap manusia membutuhkan cermin untuk melihat diri sendiri. Cermin yang kita butuhkan adalah cermin Kerajaan Allah yang tidak tergoncangkan. Dalam Yohanes 1:17, ada dua tokoh yaitu Musa (perjanjian lama) dan Yesus (perjanjian baru). Yang membedakan perjanjian lama dengan perjanjian baru adalah kasih karunia. Arti kasih karunia, yaitu:

  • Kita memperoleh yang seharusnya tidak kita peroleh yaitu keselamatan dan sekaligus kita tidak memperoleh yang seharusnya kita peroleh yaitu penghukuman. Kasih karunia kita terima dengan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.
  • Keseimbangan. Produk yang dihasilkan kasih karunia adalah ketaatan dan buah Roh. Apabila yang ada didalam kita adalah ilahi, maka yang keluar dari hidup kita adalah ilahi. Terdapat dua kata dalam Yohanes 1:17, yaitu kata ‘diberikan’, berarti penuh dengan persyaratan dan kata ‘datang’, berarti tidak perlu persyaratan.

Ketika Yesus datang kedalam dunia ini, Dia memberikan kasih karunia dan kebenaran-Nya. Semua yang kita sanggup lakukan hari ini menunjukkan bahwa bukan karena kehebatan kita, tapi semuanya karena kasih karunia Tuhan. Orang yang berjalan dalam kasih karunia Tuhan, harus bisa mengampuni, memberi perpuluhan, mengasihi, taat, setia, dan sebagainya. Cermin hukum Taurat mengidentifikasi kesalahan, pelanggaran, dosa, kelemahan, keterbatasan, dan terus menerus membuat kita menjadi terintimidasi. Namun, cermin Kerajaan Allah membuat hidup kita menjadi baru, sebab kita hidup dalam kasih karunia yang menutupi segala dosa dan pelanggaran kita.

Cermin Kerajaan Allah memberikan pengampunan (Matius 7:3-5). Tuhan datang untuk mencari orang berdosa dan memberikan pengampunan kepada mereka, tanpa menghakiminya. Cermin Kerajaan Allah menyatakan pekerjaan Allah (Yohanes 9:1-3). Tuhan datang kedalam dunia karena diutus oleh Bapa di Surga untuk menyatakan kemuliaan Allah. Cermin Kerajaan Allah memberikan kehidupan (1 Raja-Raja 17:17-22). Tuhan datang kedalam dunia untuk memberikan kehidupan dan kelimpahan. Cermin Kerajaan Allah membawa kita kepada kasih karunia Allah yang membuat kita menjadi orang-orang yang memiliki paradigma dan pola pikir yang baru, bahwa Dia telah menjadikan kita manusia ciptaan baru, yang lama sudah berlalu, sehingga kita tidak tinggal didalam manusia lama yang terus mengintimidasi kehidupan kita. Cermin Kerajaan Allah membuat kita memiliki perspektif yang benar didalam Tuhan untuk kita maju dan bangkit bersama Dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s