Paskah (2)

pdp.Aruna Wirjolukito

Tahun 2013 merupakan tahun peperangan rohani yang dashyat. Untuk memenangkan peperangan, kita harus memiliki perjanjian dan rencana peperangan yang tepat. Berkat Tuhan dicatat dalam Alkitab, sekitar 75% datangnya pada bulan Nisan. Kata ‘nisan’ (bahasa Ibrani: נִיסָן) adalah bulan pertama penanggalan keagamaan dan bulan ke-7 penanggalan sipil dalam kalender Yahudi. Nama bulan ini berasal dari budaya Babel, yaitu dalam bahasa Akkadia: nisānu, dari bahasa Sumerian nisag, artinya ‘buah pertama’. Dalam kitab Taurat, disebut bulan Abib (aviv), merupakan bulan di musim semi yang panjangnya 30 hari. Bulan Nisan biasanya jatuh sekitar bulan Maret-April dalam kalender Gregorian. Ada empat berkat Tuhan pada bulan Nisan, yaitu berkat kelegaan (rest/ararat), Tuhan memberi kemenangan (victory), Tuhan memberi panen (harvest), dan mujizat (miracle). Pada bulan Nisan, Yosua mengirim dua orang mata-mata melewati Sungai Yordan ke Yerikho sebelum bangsa Israel menyerang kota tersebut (7 bulan Nisan) dan memasuki Tanah Kanaan (10 bulan Nisan), Musa membawa bangsa Israel keluar dari Mesir (15 bulan Nisan), Ratu Ester menghadap Raja Ahasyweros tanpa diundang dan sang raja berkenan dengan mengulurkan tongkat padanya (16 bulan Nisan), Yesus bangkit dari kubur (18 bulan Nisan). Bulan Siwan (bahasa Ibrani: סִיוָן) adalah bulan ketiga dalam kalender Ibrani. Bulan Siwan selalu jatuh pada bulan Mei-Juni dalam kalender Gregorian. Pada bulan Siwan, terjadi Pentakosta (6 bulan Siwan). Jika Tuhan memberi sesuatu, selalu ada momentumnya. Bulan Av (bahasa Ibrani: אָב) adalah bulan kesebelas tahun sipil dan kelima tahun eklesiastikal dalam kalender Yahudi, merupakan bulan di musim panas yang panjangnya 30 hari. Bulan Av biasanya jatuh pada bulan Juli-Agustus dalam kalender Gregorian. Pada bulan Av, Bait Suci dihancurkan (9 bulan Av). Segala hal yang terjadi dimuka bumi ini bukanlah suatu kebetulan, selalu ada identifikasi tertentu.

Ucapan ‘happy Easter’ mengacu pada perayaan bangsa Viking, yaitu penyembahan pada dewa kesuburan yang keluar dari cangkang telur. Paskah bagi orang Yahudi merayakan keluarnya bangsa Israel dari Mesir (passover), sedangkan secara internasional, Paskah merupakan perayaan kebangkitan Tuhan Yesus. (Matius 12:38-40) Bagaimana menjelaskan mengenai kematian Tuhan adalah 3 hari 3 malam? Dalam skema perayaan Paskah pada bulan Nisan, Keluaran 12:2-6 menggambarkan bahwa domba diambil pada tanggal 10, domba tersebut disembelih pada tanggal 14. (Imamat 23:5-7) Yesus melakukan perjamuan Paskah pada tanggal 13 malam hari. Sedangkan perayaan Paskah pada zaman Yesus mengambil makna bahwa pada tanggal 10, domba masuk ke Yerusalem (digambarkan dengan Yesus yang menunggang keledai, masuk ke Yerusalem) Lukas 24:1 Hari pertama menurut bangsa Yahudi jatuh pada hari Minggu. Jika tanggal 17 jatuh pada hari Minggu, maka ketika Yesus menunggang keledai, masuk ke Yerusalem pada tanggal 10 pun tepat jatuh pada hari Minggu. Tanggal 13 malam hari adalah hari dimana Yesus mengadakan perjamuan Paskah. Tanggal 14 yang jatuh pada hari Kamis merupakan hari dimana Yesus dianiaya, disalibkan, dan meninggal (Yohanes 19:31). Jumat, tanggal 15 dikenal sebagai Shabat Pesach, hari Sabat yang istimewa karena hanya dirayakan setahun sekali. Sabtu, tanggal 16 merupakan hari Sabat sesuai dengan penanggalan Taurat. Hari Sabat yang dirayakan pada hari Sabtu tidak seistimewa Shabat Pesach, karena hari Sabat ini dirayakan setiap minggunya. Minggu, tanggal 17 merupakan hari kebangkitan Yesus mengalahkan maut (Lukas 24:13).

About these ads

One thought on “Paskah (2)

  1. pada hari minggu dimana Tuhan Yesus bangkit, bukanlah saat IA mengalahkan maut. tetapi dikala IA masih hidup maut itun telah dikalahkanNya ! saat IA membuat keputusan :”… kalau cawan ini harus lalu kcuali Aku meminumnya, jadilah kehendakMu Bapa”. maut yang mengancamNya, mengincar nyawaNya, namun cawan itu diregukNya untuk memasuki maut sebab IA berserah pada kehendak Bapa!!!! jadi IA menuju maut bukan karena takluk pada kehendak maut itu/ kalah pada kematian,… tetapi kematian telah dikalahkanNya saat IA MEMAKLUMKAN: BAPA,..JADILAH KEHENDAKMU…!!! SETIAPA ANAK2 ALLAH AKAN MENANG JIKA MEREKA BERSERAH PADA KEHENDAK BAPA DI SORGHA AMIN. BUATLAH KEPUTUSAN DALAM HIDUP SELAGI HIDUP SEBAB YESUS MENUNJUKKAN JALANNYA SEPERTI ITU. TIDAK ADA KEPUTUSAN SAAT MATI LALU MENANG.. tetapi keputusan untuk hidup selamanya harus dibuat selagi hidup :JADILAH KEHENDAK BAPA DALAM HIDUPKU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s